Jakarta (ANTARA) - Bayern Muenchen mengumumkan keputusan mempermanenkan Hansi Flick sebagai manajer tim juara bertahan Liga Jerman itu dengan kontrak hingga 30 Juni 2023.

"Kami sangat senang dengan hasil pekerjaan Hansi Flick," kata CEO Bayern Muenchen Karl-Heinz Rummenigge dalam laman resmi klub, Jumat.

"Tim berkembang sangat baik di bawah arahannya dan memainkan sepak bola atraktif, yang juga tercermin dari hasil pertandingan yang diraih," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Hansi Flick akan tetap jadi pelatih Bayern Munchen hingga akhir musim

Flick sebelumnya diserahi tugas sebagai manajer interim menyusul pemecatan Niko Kovac pada November 2019.

Sejak ditangani Flick, Bayern kembali ke jalur persaingan mempertahankan gelar juara dan saat ini berada di puncak klasemen dengan raihan 55 poin atau unggul empat poin dari Borussia Dortmund di posisi kedua sebelum Liga Jerman ditangguhkan karena pandemi virus corona.
"Hasil yang diraih Hansi berbicara dengan sendirinya. Saya dan Hansi tahu ke mana kami ingin mengembangkan tim ini," kata Direktur Teknik Bayern Muenchen Hasan Salihamidzic.

"Sepak bola terus menghadapi tantangan besar dan kami percaya Hansi adalah sosok yang tepat untuk menjadi nakhoda saat ini," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Pukul Augsburg, Bayern kokoh di pucuk klasemen

Selain cukup sukses di Liga Jerman, di tangan Flick Bayern juga saat ini berada di babak semifinal Piala Jerman serta sudah memesan satu tempat di fase perempat final Liga Champions dengan mulus.

"Saya tak sabar untuk mengatasi tantangan di masa depan bersama jajaran staf dan para pemain," kata Flick.

"Bersama jajaran direksi kami telah menentukan tujuan di masa depan, saya yakin tim ini bisa meraih banyak hal bersama-sama," pungkasnya.

Baca juga: Bundesliga akan hentikan kompetisi, Bayern Munchen otomatis juara?

Flick punya rekam jejak sebagai pemain di Bayern pada 1985-1990 dengan raihan empat gelar juara Liga Jerman, satu trofi Piala Jerman, satu trofi Piala Super Jerman dan Piala Nasional 1987 (kini tidak aktif).

Mengawali karier kepelatihan di TSG Hoffenheim, Flick lantas merintis kariernya sebagai asisten pelatih Red Bull Salzburg, asisten pelatih tim nasional Jerman, direktur olahraga DFB, direktur pelaksana Hoffenheim sebelum kembali diboyong sebagai asisten pelatih Bayern di bawah Kovac pada musim panas 2019.

Baca juga: Penangguhan Bundesliga resmi diperpanjang hingga 30 April

Baca juga: Pertandingan semifinal Piala Jerman ditunda

Baca juga: Bayern, Dortmund batalkan latihan karena virus corona

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020