Kami menekankan lagi agar upaya penanganannya dipercepat, memperbanyak fasilitas (kesehatan) dan alat untuk tes
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah mempercepat penanganan wabah COVID-19 di Indonesia yaitu dengan memperbanyak fasilitas kesehatan dan alat tes virus tersebut.

"Kami menekankan lagi agar upaya penanganannya dipercepat, memperbanyak fasilitas (kesehatan) dan alat untuk tes," kata Puan dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat.

Dia menilai pemerintah perlu mencari solusi agar layanan tes COVID-19 bisa diberikan secara gratis kepada masyarakat dan juga penyediaan masker serta cairan pembersih tangan.

Baca juga: Cegah COVID-19, Puan pimpin Rapat Bamus DPR secara virtual

Menurut dia, DPR RI mendukung langkah pemerintah dalam menangani wabah COVID-19 karena negara harus hadir secara jelas dan secara nyata di tengah masyarakat dengan memberikan rasa tenang dan aman.

Selain itu, Puan mengapresiasi langkah pro-aktif berbagai elemen masyarakat dalam pencegahan COVID-19 seperti kampanye kreatif rajin cuci tangan dengan sabun dan jaga jarak antar-sesama.

"Dan langkah untuk saling memberi semangat antar-anak bangsa dalam menghadapi pandemi COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Terkait COVID-19, DPR tunda pembukaan masa sidang

Politisi PDI Perjuangan itu menilai apa yang telah dilakukan masyarakat itu menunjukkan bahwa jika gotong royong masih mengakar kuat dalam diri rakyat Indonesia.

Menurut dia, COVID-19 tidak pandang bulu menyerang manusia, dan dalam melawannya, masyarakat harus bersatu.

"Saya yakin bahwa kita akan melewati tantangan virus ini dan akhirnya bangsa Indonesia menjadi lebih tangguh dan lebih maju," tuturnya.

Baca juga: Wisma Atlet jadi RS Khusus COVID-19, anggota DPR: itu lebih realistis

Baca juga: Anggota DPR: Perketat WNA masuk ke Indonesia

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020