... mengapresiasi tindakan proaktif yang jelas dan nyata dari masyarakat mulai dari kampanye rajin mencuci tangan, saling memotivasi untuk melakukan social distancing serta saling memberi semangat antar-elemen bangsa dalam menangani pandemik COVID-1
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR, Puan Maharani, mengapresiasi upaya-upaya yang jelas dan nyata dari masyarakat dalam upaya-upaya penanggulangan penyebaran COVID-19 di Indonesia.

"Saya mengapresiasi tindakan proaktif yang jelas dan nyata dari masyarakat mulai dari kampanye rajin mencuci tangan, saling memotivasi untuk melakukan social distancing serta saling memberi semangat antar-elemen bangsa dalam menangani pandemik COVID-19," kata dia, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Puan Maharani: Pemerintah agar percepat upaya penanggulangan COVID-19

Ia menilai langkah masyarakat itu merupakan karakter asli masyarakat Indonesia yang saling bergotong-royong menghadapi masalah.

Menurut dia apa yang dilakukan masyarakat itu sekaligus sebagai modal sosial untuk mengatasi persoalan wabah COVID-19. "Modal sosial itu jangan disia-siakan, jangan sampai kita kehilangan momentum untuk mengatasi wabah COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Anggota DPR: "lockdown" langkah tekan penyebaran COVID-19

Selain itu dia meminta pemerintah harus menjamin ketersediaan bahan pokok sehingga tidak menimbulkan saling borong barang karena panik, untuk menjaga ketenangan warga menghadapi pandemi COVID-19.

Puan juga meminta Pemerintah harus memastikan layanan publik terus berjalan meskipun ada kebijakan Bekerja Dari Rumah (WFH) sebagai penerapan menjaga jarak secara sosial.

Baca juga: Komisi III DPR: Polisi tinjau semua izin kegiatan kumpulkan massa

"Pemerintah juga harus memikirkan warga yang kehilangan pendapatan akibat praktik social distancing. Karena itu, perlu dirumuskan segera kebijakan afirmatif atas dampak COVID-19 terhadap masyarakat yang tidak mampu," katanya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020