Berbagai upaya yang kami lakukan ini diharapkan dapat membantu upaya pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19 melalui bandara yang kami kelola
Jakarta (ANTARA) - Sejak diumumkan dua WNI terinfeksi Virus Corona pada Senin 2 Maret 2020, Angkasa Pura I melakukan peningkatan pengawasan dan upaya pencegahan penyebaran Virus Corona di area fasilitas publik dan fasilitas tenant.

Peningkatan upaya ini dilakukan sesuai instruksi direksi terhitung mulai Selasa 3 Maret 2020 dan diharapkan satu hingga dua hari ke depan dapat diimplementasikan secara menyeluruh di 15 bandara Angkasa Pura I.

Adapun upaya peningkatan pencegahan penyebaran virus tersebut di area fasilitas publik antara lain Angkasa Pura I menginstruksikan petugas pemeliharaan untuk membersihkan berulang seluruh fasilitas dan perangkat yang digunakan bersama-sama, yaitu toilet, seluruh bangku di terminal, kids zone, reading corner, nursery room, internet corner, handgrip eskalator, tombol lift, tombol di kiosk check in, trolley, dan lainnya.

Kemudian, melakukan sterilisasi atau disinfektan terhadap seluruh perangkat pada area yang sering disentuh. Minimal melapisi permukaan perangkat dengan cairan disinfektan.

Baca juga: MRT Jakarta akan larang masuk penumpang dengan gejala demam tinggi

Menyediakan hand sanitizer yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan alergi, yang mengandung 60 persen alkohol dan triclosan yang dapat membunuh kuman 99,9 persen. Selain itu menginstruksikan pengangkutan sampah dari tempat sampah ke pembuangan dengan penutup.

Sedangkan berbagai upaya peningkatan pencegahan penyebaran virus tersebut di fasilitas tenant  antara lain menyediakan hand sanitizer di area gerai dan meningkatkan standar kebersihan di area gerai, kantor, dan gudang.

Selain itu Angkasa Pura I juga memberikan masker kepada seluruh petugas bandara dengan penerbangan dari dan ke China, khususnya di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, sebagai bagian dari mewajibkan petugas bandara menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) mulai dari kacamata pelindung (goggles), masker N95, sarung tangan, serta cairan pembersih tangan atau hand sanitizer.

"Berbagai upaya yang kami lakukan ini diharapkan dapat membantu upaya pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19 melalui bandara yang kami kelola," ujarnya Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Pelni sosialisasi pencegahan penyebaran Virus Corona di kapal

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020