Yogyakarta (ANTARA News) - Puluhan ribu massa hadiri acara deklarasi bakal calon presiden (capres) Bugiakso (ketua Jenderal Soedirman Center - JSC) di area Monumen Jogja Kembali (Monjali) Yogyakarta, Minggu pagi.

Pantauan ANTARA News menunjukkan, ratusan unit bis pembawa peserta dari berbagai daerah Jawa tampak di parkir sebelah timur Monjali dan peserta dari para orang tua dan muda tampak duduk di bangku di halaman Monjali.

Dalan deklarasi capres Bugiakso yang bertajuk Rapat Umum Masyarakat Indonesia (Rumi) itu dimeriahkan hiburan musik dangdut grup Mahardika, Osaka band dan pelawak Taufan, Yanti Pesek dan Kadir.

Sementara itu, informasi panitia bahwa Rumi diisi pidato politik perwakilan daerah dan sektoral, pentas kesenian, doa bersama dan penetapan bakal capres perubahan Bugiakso.

Menurut informasi panitia, dijadwalan sekitar 100.000 peserta akan mengikuti Rumi dan dihadiri tokoh masyarakat dan pengurus sejumlah partai politik.

Bugiakso mengaku pencalonan dirinya sebagi bakal capres mendapat dukungan tujuh parpol peserta Pemilu 2009.

Cucu Panglima Besar Jenderal Sudirman itu dalam pendeklarasian didasarkan atas keprihatinan yang sejak reformasi kehidupan masyarakat miskin belum membaik dan bahkan kesejahteraan rakyat dinilainya menurun.

Bugiaksi menetapkan progrm "Semesta" (Sebelas Aksi Agar Rakyat Tidak Menderita) dalam deklarasi capres, yakni tanah untuk rakyat, Indonesia lumbung pangan dunia, perlindungan hak rakyat pekerja, keadilan harga, hankam yang kuat untuk keselamatan rakyat.

Selanjutnya, program Indonesia sebagai sumber kemajuan peradaban dunia, perlindungan hak-hak rakyat miskin, penguatan ekonomi rakyat, pembaruan hukum, persatuan negara khatuliswa, dan prakarsa Indonesia untuk perdamaian dunia.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009