Tujuan dari kegiatan ini tak lain untuk mengoptimalkan kemampuan para petugas Port State Control
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui lembaga Ship Safety Inspection Center of Excellence (SSI-COE) atau Pusat Unggulan Pemeriksaan Keselamatan Kapal menggelar pelatihan untuk 10 instruktur kapal senior guna mencetak instruktur di bidang keselamatan kapal berstandar Internasional.

Pelatihan yang dilaksanakan pada 17-21 Februari 2020 ini berlokasi di ITSAP SBC-TTF (Solid Bulk Cargoes–Testing & Training Facility) Tanjung Priok, yang merupakan fasilitas pengujian dan pelatihan kargo curah padat di bawah naungan Ditjen Perhubungan Laut.

Kepala Sub-Direktorat Keselamatan Kapal Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Kemenhub Capt Diaz Saputra dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, menyampaikan peran aktif para peserta pelatihan yang nantinya akan menentukan kualitas Port State Control Officer (PSCO) dan Marine Inspector (MI) Training di masa depan.

"Tujuan dari kegiatan ini tak lain untuk mengoptimalkan kemampuan para petugas Port State Control (PSC), termasuk juga MI. Dari kegiatan serupa, calon-calon pelatih nantinya membantu tim ahli yang sudah terbentuk," katanya.

Sebanyak 10 orang instruktur terpilih yang berpartisipasi dalam program ini adalah tim ahli dari program SSI-COE yang sudah lama berpengalaman di bidang inspeksi kapal dan ditunjuk untuk membantu pelaksanaan peningkatan kemampuan pejabat pemeriksa keselamatan kapal berbendera Indonesia maupun kapal asing di seluruh Indonesia. Selama lima hari, tenaga ahli dari AMSAT Internasional, Michael McLean (Lead Trainer), David Penny (Technical Expert), dan Ita Mucharam (Trainer) mendampingi para peserta untuk mempersiapkan diri menjadi tenaga instruktur handal serta mengembangkan kapasitas sebagai instruktur agar dapat berbagi ilmu di bidang pemeriksaan keselamatan kapal dengan pendekatan pengajaran dan metode yang efektif.

Dalam program ini, materi yang disampaikan menggunakan metode The Adult Learning (Andradogi) yang dikenalkan oleh Malcolm Knowles, yaitu metode pembelajaran yang didesain khusus bagi orang dewasa yang disesuaikan dengan IMO Model Course 6.09 dan metode training SSI-COE.

Baca juga: Kemenhub: Sertifikat keselamatan kapal bisa dicabut, bila...

Baca juga: Kemenhub pastikan uji petik untuk jamin keselamatan


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020