saham yang diperdagangkan di BEI dalam beberapa hari terakhir bergerak anomali dengan pergerakan saham bursa global.
Jakarta (ANTARA) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu pagi menguat seiring kenaikan bursa saham regional Asia.

IHSG dibuka menguat 11,94 poin atau 0,2 persen ke posisi 5.898,9, sedangkan kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 3,72 poin atau 0,39 persen menjadi 960.

Kepala Riset Valbury Sekuritas Alfiansyah di Jakarta, Raby mengatakan, saham yang diperdagangkan di BEI dalam beberapa hari terakhir bergerak anomali dengan pergerakan saham bursa global.

Baca juga: IHSG Selasa ditutup menguat di tengah koreksi bursa saham Asia

"Salah satu sentimen bagi pasar domestik ini, berkenaan pandangan dari lembaga pemeringkat internasional yang positif terhadap ekonomi Indonesia yang berdampak pada naiknya kepercayaan investor. Diperkirakan potensi IHSG untuk melanjutkan kenaikan masih berpeluang hari ini," ujar Alfiansyah.

Dana Moneter Internasional (IMF) menyatakan, kurangnya perbaikan yang lebih mendalam dalam sistem ekonomi global, telah menghambat proyeksi pertumbuhan.

Terlebih, guncangan yang disebabkan oleh Virus COVID-19, semakin meredupkan prospek perbaikan ekonomi tahun ini.

Di sisi lain, ruang kebijakan moneter terus menyusut membuat ketergantungan terhadap langkah fiskal, sehingga diperlukan reformasi struktural untuk mendorong pertumbuhan menjadi lebih kuat.

Oleh karena itu, yang dibutuhkan saat ini adalah dorongan yang lebih agresif dalam bentuk reformasi struktural.

Bursa saham regional Asia pagi ini antara lain indeks Nikkei menguat 108,7 poin atau 0,47 persen ke 23.302,5, indeks Hang Seng menguat 97,4 poin atau 0,35 persen ke 27.627,6, dan indeks Straits Times menguat 9,87 poin atau 0,31 persen ke 3.206,5.
Baca juga: Saham China dibuka melemah setelah naik sehari sebelumnya

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020