Jakarta (ANTARA) - Tim Williams Racing pada Senin meluncurkan mobil baru mereka yang dibalut warna livery baru untuk bertarung di musim balapan Formula 1 2020.

Mobil bernama FW43 itu merupakan evolusi dari mobil Willams tahun lalu yang menggunakan power unit Mercedes.

Tim bermarkas di Inggris itu ingin bangkit dari hasil buruk musim lalu, dimana mereka terpuruk di dasar klasemen dengan raihan hanya satu poin.

Baca juga: SF1000 tumpuan Ferrari benahi kelemahan tahun lalu

Baca juga: Mercedes ungkap mobil penantang musim balap 2020


Mobil yang akan dikendarai George Russell dan Nicholas Latifi itu tampil lebih segar dengan livery yang didominasi warna putih, merah dan biru.

"Tahun ini menandai awal yang segar bagi tim," kata deputy principal Claire Williams seperti dikutip Reuters setelah gambar dari FW43 dirilis secara online.

"Kami menggunakan waktu untuk memperbaiki area kelemahan kami dan telah memastikan jika kami memiliki orang, struktur, prosedur, dan sumber yang tepat untuk menghasilkan mobil yang kompetitif.

Baca juga: Gantikan Kubica, Latifi gabung Williams untuk musim 2020

"Kami semua berkomitmen untuk membangun kembali Williams dan membuat tim kembali kompetitif. Dengan itu, kampanye 2020 kami adalah soal membuat progres. Semangat bertarung masih sangat kental."

Williams yang pernah dominan di masanya belum pernah menjuarai grand prix lagi sejak kemenangan pebalap Venezuela Pastor Maldonado di Spanyol pada 2012. Sebelum itu, kemenangan terakhir mereka diraih pada 2004.

Gelar juara dunia terakhir Williams diraih bersama pebalap Kanada Jacques Villeneuve pada 1997.

Di dua tahun terakhir, Williams mengumpulkan hanya delapan poin. Kemunduran yang sangat mengejutkan mengingat tim itu finis peringkat tiga konstruktor pada 2014 dan 2015.

Tim dan pebalap akan menjalani tes pramusim di Sirkuit Barcelona-Catalunya pada 19 Februari sedangkan seri pembuka digelar di Melbourne pada 15 Maret nanti.


Baca juga: Duet Norris dan Sainz turut andil dalam mendesain McLaren MCL35

Baca juga: Red Bull dilarang telat panas jika ingin juara, kata Verstappen

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020