Pamekasan (ANTARA) - Persebaya Surabaya menaklukkan Madura United FC dengan skor 4-2 pada laga lanjutan babak penyisihan grup A Piala Gubernur Jatim 2020 yang digelar di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat.

"Bajol Ijo", julukan Persebaya Surabaya ini unggul lebih dahulu atas Madura United FC sejak babak pertama.

Empat gol Persebaya dicetak oleh Makan Konate, David Da Silva dan Arif Satria, sedangkan dua gol Madura United dicetak oleh Alberto Da Silva dan Haris Tuharea.

Baca juga: Arema FC melaju ke semifinal Piala Gubernur Jatim

Persebaya berhasil mencetak gol perdana di menit ke-13 melalui sepakan jarak jauh Makan Konate. Ia bergerak dari sayap kanan dan berhasil mengecoh para pemian Madura United FC dari luar kotak penalti. Tendangan sang kapten "Bajol Ijo" ini gagal diantisipasi oleh penjaga gawang Madura United FC, Satria Tama.

Tertinggal satu gol, Madura United berupaya menyamakan kedudukan. Pada menit ke-26, Brian Ferreira melepaskan tembakan ke gawang, namun bola masih melambung di atas mistar gawang Persebaya yang dikawal Rivky Mokodompit.

Upaya "Laskar Sape Kerrap" untuk menyamakan kedudukan terus dilakukan dengan menggencarkan serangan ke jantung pertahanan Persebaya. Namun, karena keasyikan menyerang, Madura justru kebobolan untuk kedua kalinya oleh Makan Konate.

Baca juga: Macan Kemayoran terkam Sabah FA 2-0 pada Piala Gubernur Jatim

Pada menit ke-26, Konate berhasil mengecoh Satria Tama sebelum menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong, sehingga skor berubah menjadi 2-0.

Pada babak kedua, Madura terus menggencarkan serangan. Dalam hitungan menit, sejumlah ancaman dilancarkan anak asuh Rahmad Darmawan, salah satunya peluang yang didapat Beto Goncalves, tapi masih berhasil diselamatkan oleh penjaga gawang Rivky Mokodompit.

Penyerang Greg Nwokolo, juga sempat membuat ancaman, namun Rivky masih sigap menghalau bola.

Madura United baru bisa memperkecil kekalahan pada menit ke-60. Beto berhasil membobol gawang Persebaya dengan memanfaatkan sundulan dari Brian Ferreira, sehingga skor berubah menjadi 2-1.

Baca juga: Bhayangkara FC waspadai motivasi berlipat Persik Kediri

Namun, kegembiraan Laskar Sape Kerrap tidak berlangsung lama, karena pada menit ke-64 David Da Silva, berhasil mencetak gol. Madura kembali memperkecil kedudukan melalui Haris Tuharea dan skor pun berubah menjadi 3-2.

Tertinggal satu gol, Madura terus meningkatkan tempo permainan. Namun, pada menit ke-82, justru Laskar Sape Kerrap kembali kebobolan. Sundulan Arief Satriya membawa Persebaya unggul 4-2 dan skor ini berlangsung hingga wasit meniup peluit panjang, sebagai pertanda babak kedua telah berakhir.

"Di babak pertama, pemain kami memang tertekan, tapi masih berhasil menguasai keadaan di babak kedua, meski Madura juga kebobolan," kata Pelatih Madura United FC Rahmad Darmawan seusai pertandingan.

Baca juga: Persija harapkan Piala Gubernur Jatim tingkatkan kekompakan tim
Baca juga: Piala Gubernur Jatim 2020 jadi ajang uji coba tim asal Malaysia


Berikut susunan pemain:

Madura United FC: Satria Tama, Marckho Maraudje, Fachruddin Aryanto, Guntur Ariyadi, Andik Rendika Rama, Syahrian Abimanyu, Zah Rahan Krangar, Brian Ferreira, Rifaldi Bawuo, Greg Nwokolo, Kevy Sahertian
Pelatih Rahmad Darmawan.

Persebaya : Rivky Mokodompit, Hansamu Yama, Mokhamad Syaifuddin, Nasir, Aryn Williams, Rachmat Irianto, Makan Konate, Bayu Nugroho, David da Silva, Hambali Tolib.
Pelatih Aji Santoso.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020