Solo (ANTARA) - Pertandingan sepak bola persahabatan antara Persis Solo melawan Persib Bandung di Stadion Manahan Solo, Sabtu (15/2) yang digagas DPP suporter Pasoepati terancam ditunda karena terkendala izin.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, di Solo, Senin, membenarkan jika Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang berwewenang dalam pembangunan Stadion Manahan Solo, belum menurunkan surat izin terkait pertandingan persahabatan tersebut.

"Stadion Manahan Solo boleh digunakan, tetapi setelah diresmikan pembangunannya, dan diserahkan ke pemerintah daerah (Pemda)," katanya.

Baca juga: Suporter Pasoepati gelar pertandingan persahabatan Persis-Persib
Baca juga: Pelatih Persib: Kami tak lepas pemain ke timnas di luar kalender FIFA


Oleh karena itu, pihaknya meminta Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta untuk melakukan koordinasi dengan pihak panitia penyelenggara kegiatan pertandingan, tentang izin belum turun tersebut.

"Jika Kemen PUPR tidak memberikan izin penggunaan Stadion Manahan, maka kegiatan pertandingan bisa batal," kata Rudyatmo menambahkan.

Menyinggung soal panitia penyelenggara pertandingan persahabatan antara Persis Solo dan Persib Bandung sudah terlanjur menjual tiket melalui media sosial (medsos), Rudyatmo mengatakan hal itu, dapat ditunda hingga stadion diserahkan kepada Pemda.

"Stadion Manahan Solo ini, mau diresmikan terlebih dahulu oleh Presiden, sehingga Kemen PUPR, tentunya khawatir jika digunakan bisa rusak," kata Rudyatmo menegaskan.

Baca juga: PSSI : Stadion Manahan Solo hampir selevel GBK

Menurut dia, Kemen PUPR mengizinkan penggunaan stadion hanya untuk mencoba saja, dan tanpa menghadirkan penonton. Jika dengan penonton memang harus ditunda setelah acara peresmian nanti.

"Peresmian Stadion Manahan Solo, informasi dari kementerian akan dilakukan sekitar akhir bulan ini. Sehingga, penyelenggaraan pertandingan persahabatan dapat ditunda setelah peresmian stadion," katanya menerangkan.

Sebelumnya, DPP Pasoepati sebagai organisasi suporter pendukung tim sepak bola Persis Solo bakal menggelar pertandingan persahabatan antara tuan rumah Persis melawan Persib Bandung, di Stadion Manahan Solo,15 Februari mendatang.

Menurut ketua panitia penyelenggara pertandingan persahabatan antara Persis Solo dan Persib Bandung, Sengkut Pandega pertandingan persahabatan tersebut sekaligus menandai acara puncak HUT ke-20 Organisasi Suporter Pasoepati dan peringatan Hari Jadi ke-275 Kota Solo.

Acara puncak perayaan dua dekade lahirnya suporter Pasoepati tersebut dengan tema, "Pertandingan Peringatan, Sinergi antara Pendukung dan Pemerintah".

Sengkut mengatakan pihaknya ingin menampilkan perayaan yang berbeda dalam HUT Ke-20 Pasoepati, yakni dengan mendukung dan terlibat langsung kegiatan perayaan Pasoepati dan Kota Solo.

"Puncak acara pertandingan persahabatan Persis Solo melawan Persib Bandung di Stadion Manahan Solo akan disaksikan ribuan suporter pendukung tim tuan rumah," katanya. 

Baca juga: Surakarta respon positif Manahan venue Piala Dunia U-20
Baca juga: Persib resmi rekrut Geoffrey Castillion striker eks Ajax Amsterdam

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020