Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Turnamen sepak bola pramusim Piala Gubernur Jawa Timur 2020 akan menjadi ajang uji coba tim asal Malaysia, Sabah FA, untuk menerapkan strategi permainan sebelum kompetisi Malaysia Super League 2020 digelar.

Pelatih Sabah FA Kurniawan Dwi Yulianto mengatakan, anak-anak asuhannya akan mendapatkan pengalaman berharga pada turnamen tersebut, karena menghadapi tim yang berlaga pada Liga 1 Indonesia.

"Kami menekankan ke pemain, seluruh tim yang bermain di Liga 1 adalah tim kuat. Ini jadi pengalaman yang baik bagi kami," kata Kurniawan, di Kota Malang, Jawa Timur, Senin.

Sabah FA pada pertandingan pertama Piala Gubernur Jawa Timur 2020 akan menghadapi Arema FC, yang didukung penuh suporternya, karena bermain di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Menurut Kurniawan, Arema merupakan tim besar dengan dukungan suporter yang luar biasa. Terlebih, dengan adanya beberapa perubahan di tubuh Arema FC, semakin menjadikan tim asuhan Mario Gomez itu lebih kuat.

"Perubahan yang ada di Arema bukan membuat mereka lebih lemah, tapi lebih kuat, dan sekarang dilatih oleh pelatih yang kita tahu kualitasnya," kata Kurniawan.

Menurut Kurniawan, sejauh ini timnya telah meracik strategi untuk menjalani kompetisi di Malaysia pada musim 2020. Strategi tersebut bakal dicoba pada laga Piala Gubernur Jawa Timur 2020.

"Dengan adanya pertandingan seperti ini, kita bisa melihat seberapa jauh progres dari tim, dan juga untuk mengetahui sampai dimana kelemahan serta komposisi yang pas untuk kompetisi," tutup Kurniawan.

Turnamen pramusim Piala Gubernur Jawa Timur 2020, terbagi menjadi dua grup yang masing-masing berisi empat tim. Pada Grup A, diisi Madura United, Persik kediri, Persebaya Surabaya, dan Bhayangkara FC.

Sementara pada Grup B, diisi Arema FC, Persija Jakarta, Persela Lamogan, dan Sabah FA. Dua tim terbaik dari masing-masing grup akan melaju ke babak semifinal.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2020