Menteri BUMN Erick Thohir juga menjadi Menteri Kabinet Indonesia Maju yang disukai publik
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai publik layak menjadi tokoh teladan atau role model nasional, berdasarkan hasil jajak pendapat yang dirilis lembaga riset Indonesia Political Opinion atau IPO.

"Menteri BUMN Erick Thohir menempati urutan pertama dengan 31,1 persen, kemudian diikuti Menteri Luar Negeri Retno Marsudi 25 persen dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebesar 21,5 persen," tulis IPO dalam laporan bertajuk "Evaluasi dan Pengukuran Persepsi Publik atas Kinerja 100 Hari Kabinet Indonesia Maju" yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca juga: 100 Hari Kabinet, Erick Thohir paling banyak diberitakan media

Dalam laporan tersebut, faktor-faktor yang mendorong para responden menjatuhkan pilihan kepada Erick Thohir sebagai tokoh teladan nasional antara lain kesesuaian bidang, profesionalitas, dan hasil kerja.

Selain dinobatkan sebagai tokoh teladan nasional, Menteri BUMN Erick Thohir juga menjadi Menteri Kabinet Indonesia Maju yang disukai publik.

Hasil riset IPO yang diikuti 1.600 responden itu menempatkan Erick Thohir di posisi pertama sebagai menteri paling disukai publik dengan suara responden sebesar 96 persen.

Selain Erick, Menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya yang paling disukai publik adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan suara responden sebesar 94 persen dan Menteri Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD  sebesar 92 persen.

Publik menyukai para menteri tersebut berdasarkan faktor-faktor seperti faktor kepintaran, ketegasan, dan kewibawaan.

SurveI atau jajak pendapat tersebut berlangsung pada 10-31 Januari 2020, dengan mayoritas responden adalah wanita sebesar 60,9 persen dan tingkat pendidikan sarjana sebesar 56,3 persen.

Baca juga: Erick Thohir bakal sikat proyek-proyek mafia di BUMN
Baca juga: KPK apresiasi upaya Erick Thohir cegah korupsi di BUMN

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020