Jakarta (ANTARA News) - LKBN ANTARA meraih sertifikat ISO 9001:2000 dari World  Quality Assurance (WQA) yang diserahkan langsung oleh Perwakilan WQA kepada  Direktur Utama Perum LKBN ANTARA, Ahmad Mukhlis Yusuf, pada saat peringatan HUT ANTARA ke-71 yang berlangsung secara sederhana pada tanggal 15 Desember di Wisma ANTARA Jakarta.

Menurut Ahmad Mukhlis Yusuf, perolehan sertifikat ISO ini menjadi bukti atas komitmen keluarga besar untuk melanjutkan tranformasi manajemen menyeluruh terutama untuk memperkuat proses manajemen mutu pemberitaan sebagai kantor berita yang dapat diandalkan oleh para mitra bisnis.

Menurut Mukhlis, implementasi ISO 9001:2000 ini merupakan salah satu program dari konsolidasi system manajemen yang kini sedang berlangsung sejak LKBN ANTARA menjadi Perusahaaan Umum (Perum)berdasarkan PP 40/2007.

Ditambahkan Ahmad Mukhlis Yusuf, yang biasa disapa, Emye, LKBN ANTARA akan terus melanjutkan transformasi manajemen menuju kantor berita berkelas dunia sebagai respon strategis terhadap perkembangan globalisasi informasi, perubahan teknologi informasi, dan persaingan media yang semakin ketat.

Transformasi diharapkan rampung pada tahun 2012 untuk menampilkan postur ANTARA sebagai salah satu kantor berita terkemuka di Asia-Pasifik.

Kemitraan yang kini telah terjalin dengan Reuters, Bloomberg, AFP, Xinhua dan berbagai jaringan kantor berita dunia lainnya diharapkan dapat berlanjut dalam kerjasama penyediaan konten berita dan produk-produk berbasis informasi lainnya selain kerja sama dalam kegiatan pemasaran yang selama ini telah berjalan.

Emye menambahkan bahwa program-program transformasi yang ia jalankan adalah lanjutan dari transformasi manajemen yang diawali pendahulunya, Asro Kamal Rokan.

Menurut Emye, transformasi manajemen berfokus pada penguatan tiga pilar Perum LKBN ANTARA 2012, yakni; Pertama, penguatan sistem manajemen organisasi pada tingkat korporat, unit-unit kerja dan kantor-kantor perwakilan untuk mengghasilkan output kantor berita yang konsisten.

Kedua, penguatan budaya kerja (corporate culture)yang berbasis kinerja, melalui penggalian dan internalisasi budaya kerja kantor berita yang link dengan kinerja melalui implementasi balanced score-card.

Ketiga, revitalisasi bisnis yang bertujuan untuk memperkuat kemandirian Perum ANTARA melalui penguatan newsroom dan diversifikasi multi kanal, multi platform dan multibrand.

Demikian penegasan Ahmad Mukhlis Yusuf pada saat memperingati HUT LKBN ANTARA yang diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 2008 di Wisma ANTARA, Jakarta. 

Selain penyerahan sertifikat ISO 9001-2000 dari Worldwide Quality Assurance (WQA) untuk Bidang Pemberitaan, pada saat HUT juga diserahkan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara Direksi LKBN ANTARA dengan Serikat Pekerja Antara (SPA) dan penantanganan MOU LKBN ANTARA dengan yahoo.

Kesepakatan PKB yang telah ditandatangani pada tanggal 10 November 2008 di Jakarta tersebut menandai kemitraan manajemen dengan karyawan  melalui serikat pekerja.

Dengan kesepakatan PKB yang telah mengukuti ketentuan ILO tersebut, LKBN ANTARA juga tercatat menjadi perusahaan media pertama di Indonesia yang memiliki PKB yang mengatur hubungan kerja antara Perusahaan dan karyawan.

Peringatan HUT ke 71 ANTARA sendiri tahun ini selain dihadiri manajemen dan karyawan ANTARA juga sejumlah tokoh pers dan pimpinan media massa, dan dilaksanakan serentak di seluruh kantor perwakilan ANTARA di dalam dan di luar negeri.

HUT ANTARA 71 tahun  dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti sunatan dan pengobatan massal, berbagai lomba internal dibidang olahraga, karya tulis dan karya foto jurnalistik, seminar untuk umum bertajuk media dan PEMILU yang menghadirkan Amien Rais, Wiranto serta sejumlah pengamat politik Effendi Gazali.


Upacara yang menjadi ciri khas setiap peringatan HUT ANTARA juga berlangsung pada hari yang sama, 15 Desember 2008. (Corporate Secretary) (*)

Copyright © ANTARA 2008