Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo direncanakan akan menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional 2020 yang akan diselenggarakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada tanggal 9 Februari mendatang.

"Selain menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional, Presiden dijadwalkan akan mencanangkan dimulainya Sapta Desa dan peresmian Pusat Pembibitan dan Penghijauan Nasional," kata Ketua Umum PWI, Atal S Depari, di Jakarta, Senin.

Depari menjelaskan HPN di Banjarmasin yang akan diisi dengan sejumlah agenda kegiatan seperti, seminar, konvesi media massa, pameran pers, bakti sosial dan lainnya.

Baca juga: Menhub usul puncak Hari Pers Nasional 2020 di Bandara Banjarmasin

Ia mengatakan program Sapta Desa merupakan program sarapan tambahan anak desa untuk menurunkan jumlah angka stunting atau kasus gizi buruk di Indonesia.

Presiden Jokowi menargetkan penurununan jumlah angka stunting hingga17 persen untuk seluruh Indonesia, di bawah target WHO dengan angka 20 peraen untuk dunia. Sementara, di Kalimantan Selatan, angka stunting mencapai 27 persen.

Baca juga: Semarakkan hari pers, PWI gelar Anugerah Jurnalistik Adinegoro

Terkait kekerdilan pertumbuhan badan, menurut Depari, Panitia HPN juga membuat seminar tersebut di RSUD Ulin Banjarmasin pada 7 Februari, kegiatan dibuka secara resmi oleh Menko PMK, Muhadjir Effendy, dan sebagai pembicara utama Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto.

"Menkes dr Terawan akan meresmikan RSUD Ulin sebagai Pusat Rujukan Penyakit Jantung dan Saraf untuk wilayah Kalimantan," ujarnya.

Untuk pelaksanaan HPN di Banjarmasin itu akan diisi sejumlah agenda kegiatan seperti, seminar, konvesi media massa, pameran pers, maupun bakti sosial.

Menanggapi kegiatan hari pers, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, berharap agar program pencanangan pembibitan nasional untuk penghijauan berkelanjutan menjadi agenda utama HPN.

Pewarta: Boyke Watra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020