Semua resiko terindentifikasi dan bisa dicegah sehingga tidak menjadi kecelakaan atau ancaman membahayakan kesehatan bagi pekerja
Jakarta (ANTARA) - Menyambut bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di DKI Jakarta yang ditandai dengan upacara pada Jumat ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menekankan bahwa keselamatan dan kesehatan merupakan yang paling utama.

"Hari ini Pemprov DKI Jakarta melaksanakan upacara hari keselamatan dan kesehatan kerja atau yang biasa disebut K3 yang arahannya diberikan oleh kementerian ketenagakerjaan," kata Anies di Jakarta, Jumat.

Anies menyebut prioritas mengenai K3 itu harus terus dilakukan dalam proyek pembangunan apapun di Jakarta dan dalam bidang apapun pekerjaanya.

"Saya garis bawahi apapun yang dikerjakan dalam proyek apapun, dalam kegiatan apapun, keluarga yang di rumah menginginkan agar aggota keluarga yang bekerja, baik dalam perjalanan menuju tempat kerja maupun perjalanan pulang dari tempat kerja serta berada di tempat kerja, menginginkan semuanya selamat, karenanya K3 harus terus didorong," ucap Anies.

Lebih lanjut, Anies mengharapkan pencanangan bulan K3 ini janganlah hanya seremonial meski pelaksanannya memang upacara, tapi kesadarannya harus diwujudkan dalam langkah-langkah nyata di tempat kerja dan juga di antara rumah dengan tempat kerja.

"Semua yang menyangkut resiko harus diantisipasi bersama oleh pekerja, oleh pengusaha, oleh pemerintah. Sehingga semua resiko terindentifikasi dan bisa dicegah sehingga tidak menjadi kecelakaan atau ancaman membahayakan kesehatan bagi pekerja," ucap Anies.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Andriyansyah akan ada beberapa program yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta dalam Bulan K3 ini, yaitu menggalakan sosialisasi mengenai K3 dengan berbagai cara antara lain datang ke perusahaan-perusahaan dengan mendatangi langsung, lalu dengan acara bersepeda bersama.

Selanjutnya, Pemprov DKI Jakarta juga akan memilih perusahaan-perusahaan yang zero accident, mulai dari 1.200.000 jam, 2.400.000 jam dan 3.600.000 jam.

Baca juga: Pembangkitan Jawa-Bali sertifikasi vendor untuk tekan angka kecelakaan

Baca juga: Terapkan K3 dengan baik, Pelindo III sabet 7 penghargaan

Baca juga: Waskita raih penghargaan K3 tingkat global di Las Vegas


"Kami juga nanti akan memilih "Miss" Keselamatan Kerja untuk perempuan. Karena perempuan sekarang sudah banyak yang menjadi pegiat K3, nanti kami akan pilih. Terakhir, kami juga akan melaksanakan konser safety excelent with didi kempot. Mudah-mudahan semua berjalan lancar sehingga akan menjadikan Didi Kempot menjadi duta seni K3 untuk DKI Jakarta," ucap Andriyansyah menambahkan.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020