Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya mengerahkan petugas lapangan untuk membantu warga menyelamatkan barang berharga yang bisa diselamatkan untuk meminimalkan kerugian materi akibat banjir dan korban jiwa.

"Kita bisa selamatkan barang-barang kita yang ada supaya kita bisa antisipasi lebih jauh, termasuk petugas-petugas di lapangan akan bekerjasama dengan masyarakat yang berpotensi terdampak banjir," kata Kapolda Metro Jaya Komjen Polisi Gatot Eddy Pramono saat meninjau banjir di Komplek IKPN Bintaro, Jakarta Selatan, Kamis.

"Kita minimalisir korban dan kerugian materi itu," katanya.

Gatot juga mengimbau masyarakat untuk secara berkala memantau informasi cuaca yang disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengantisipasi cuaca dan potensi kedatangan banjir.

"Saya kira masyarakat mengikuti informasi khususnya dari BMKG supaya kita bisa mengantisipasi dari awal, gunanya menghindari kita jadi korban dari banjir ini," kata Gatot.

Baca juga: Kapolda Metro Jaya imbau masyarakat pantau informasi cuaca
Baca juga: Polres Metro Jakpus kerahkan 1.500 personel bantu tangani banjir


Mengenai rumah yang saat ini terdampak banjir dan untuk sementara ditinggal mengungsi oleh pemiliknya, Gatot menegaskan jajarannya akan mamastikan keamanan rumah yang terdampak banjir.

"Kepolisian-TNI akan melaksanakan patroli dan teman-teman pencinta alam akan melaksanakan patroli untuk memastikan masyarakat yang tinggal di situ aman, yang kedua memastikan tidak ada pihak-pihak yang menggunakan kesempatan ini untuk mengambil barang-barang milik warga," ujarnya.

"Kita akan jaga ini dari pintu masuk, gunakan perahu-perahu karet di dalam, kita sama-sama bersinergi antara Polri, TNI dan pemerintah daerah," katanya.

Dalam peninjauan tersebut Gatot juga memberikan bantuan logistik kepada warga yang terdampak banjir.
Baca juga: Ditemukan satu jenazah di Kali Sunter
Baca juga: Warga terdampak banjir di Jatiasih mulai bersihkan rumah

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020