Jakarta (ANTARA) - Apple dikabarkan berencana tidak lagi menggunakan notch atau lekukan di atas layar di iPhone terbaru, diperkirakan mulai tahun ini.

TechRadar dan situs berbahasa Belanda LetsGoDigital mengaku mendapatkan informasi paten ponsel yang diajukan di Jepang dan bocoran data soal iPhone 2020 yang menampilkan gawai dari Apple ini bersih dari notch.

Apple juga akan merombak desain ponsel lainnya karena menghilangkan notch, dikabarkan mereka harus mencopot juga Face ID serta menanamkan sensor di dalam layar untuk Touch ID.

Jika notch, tren yang dimulai sejak 2017 lewat iPhone X, tidak dipakai, belum diketahui di mana kamera depan akan ditempatkan. Beberapa sumber sebelumnya mengemukakan Apple akan menaruh kamera depan di dalam layar, seperti sensor sidik jari untuk Touch ID.

Tapi, beberapa pendapat menyatakan model tersebut tidak akan diluncurkan untuk iPhone 2020. Selain Apple, beberapa merek lain diperkirakan juga akan mengadopsi kamera di dalam layar, namun, teknologi tersebut masih dikembangkan.

Samsung dikabarkan sedang mengembangkan sensor kamera di dalam layar, sementara merk lainnya, seperti Vivo dan OPPO, menggunakan kamera swafoto pop-up atau yang muncul, karena menghilangkan notch.

Baca juga: Apple akan rombak kamera di iPhone 2020

Baca juga: Apple kembangkan teknologi satelit

Baca juga: Bukan iPhone SE 2, Apple dikabarkan buat iPhone 9


 

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020