Jakarta (ANTARA) - Hari libur Natal dan Tahun Baru tak berarti membuat Anda melupakan kesehatan. Di hari Natal, sebagian Anda mungkin terlalu banyak menghabiskan waktu duduk baik untuk berbincang dengan kerabat, makan hidangan Natal atau menonton film-film pilihan.

Ingatlah untuk tetap aktif bergerak, misalnya melakukan aktivitas tertentu akan mengurangi waktu yang tersedia untuk mengonsumsi permen manis.

Selain itu, sebaiknya perhatikan asupan makanan Anda. Hidangan Natal mulai dari biskuit, keju, cokelat dan camilan lalu makanan berat semisal ayam serta daging panggang biasanya terjadi manis di atas meja.

Anda bisa mencoba mengganti beberapa makanan ringan berkalori dengan sepotong atau dua buah. Di samping bermanfaat karena menambah asupan vitamin dan mineral, Anda mungkin merasa akan lebih kenyang dan mencoba mengurangi pilihan yang kurang sehat di sekitar Anda.

Jika Anda tergoda untuk makan lagi setelah makan malam, paksakan diri Anda untuk menunggu 20 menit kemudian nilailah Apakah Anda benar-benar makan ayam atau sekedar kacang panggang lagi.

Setelah makanan mencapai perut Anda, Anda mungkin menyadari sebenarnya tidak lapar dan kalori tambahan tak Anda butuhkan.

Selain itu, pertimbangkan melakukan sesuatu untuk orang lain. Tidak semua orang menikmati musim liburan, jadi sedikit kebaikan mungkin membuat keajaiban bagi orang lain dan untuk Anda.

Beberapa penelitian telah menunjukkan, altruisme dapat meningkatkan penghargaan diri. Studi lain menyimpulkan, berbuat baik meningkatkan kepuasan hidup diri Anda, demikian seperti dilansir Medical News Today. 

Baca juga: Tips nikmati hidangan Natal tapi tetap sehat

Baca juga: Apakah ikan tuna kalengan aman dikonsumsi?

Baca juga: Tanda saat usus Anda bermasalah

 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019