Wamena (ANTARA) - Kapolres Jayawijaya, Provinsi Papua AKBP Dominggus Rumaropen akan menempatkan personel di sekitaran rumah-rumah ibadah mulai tanggal 24, 25 dan 31 Desember untuk mencegah gangguan terhadap umat yang hendak beribadah.

Dominggus Rumaropen di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Kamis, mengatakan aktivitas Natal dan tahun baru harus berjalan aman.

"Kita juga akan ploting personel di pusat keramaian, pusat perbelanjaan dan akan ditopang dengan perkuatan patroli yang masih terus dilakukan," katanya.

Penempatan personel dan razia perlu dilakukan karena masih tingginya orang mabuk di wilayah itu dan berpotensi menjadi ancaman bagi warga yang hendak beribadah.

"Kita melakukan pemetaan-pemetaan agar mencegah potensi kerawanan, yang tidak menutup kemungkinan dapat mengganggu aktivitas menjelang natal dan tahun baru," katanya.

Mapolres Jayawijaya menyiagakan 300 personel pada Operasi Lilin Matoa 2019.

Kabag Ops Jayawijaya AKP Riklof Tahapari mengatakan sebagian personel akan disebar di enam gereja yang berada di pusat kota. Personel Polres akan dibantu anggota TNI.

"Sementara di pusat keramaian seperti di Pasar Sinakma, Potikelek dan Pasar Baru serta beberapa pertokoan di Jalan Irian dan Jalan Trikora," katanya.

Pengamanan di Bandara Wamena juga akan dilakukan dengan melibatkan petugas Avsec, TNI AU, RSUD pada pos pengamanan yang mulai beroperasi 23 Desember.

"Melalui pos yang akan beroperasi sampai 10 Januari, kami harap bisa membantu masyarakat yang melakukan mudik," katanya.

Baca juga: 1.100 Personel gabungan siap amankan Natal dan Tahun Baru di Jember

Baca juga: Polres Jayapura siagakan 500 personel amankan Natal dan tahun baru

Baca juga: TNI-Polri siap amankan Natal-Tahun Baru di Singkawang

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019