Jakarta (ANTARA) - Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan penjagaan trotoar Senen yang dilakukan 600 personel gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), TNI, dan Polisi untuk mensterilkan wilayah itu dari pedagang kaki lima merupakan upaya relokasi bukan penggusuran.

"Kita inginkan daerah ini tertib, orang bisa lewat, lebih aman, dan tertib di jalan. Jadi kita relokasi, jadi bukan penertiban. Ini adalah relokasi. Jadi pemindahan (pedagang)," kata Irwandi saat meninjau operasi penjagaan kawasan trotoar Senen, Senin.

Operasi penjagaan dilakukan pihaknya sejak pukul 11.00 WIB di sekitar trotoar dan Pasar Senen hingga pukul 22.00 WIB sehingga dipastikan tidak ada pedagang yang berani untuk membuka lapak di trotoar seperti sebelumnya.

Cara ini dilakukan Pemerintah Kota Jakarta Pusat agar tidak terjadi benturan atau pengangkutan barang dagangan para pedagang karena diketahui para pedagang biasa melapak mulai pukul 14.00 WIB.

"Kita maunya smooth. Kita maunya ini dengan cara kami yang tempati dulu. Jadi mereka (pedagang) tidak menaruh barang. Kita hindari itu. Supaya penjagaannya juga berjalan lancar," kata Irwandi.

Irwandi lebih lanjut mengatakan PD Pasar Jaya telah menyiapkan tempat relokasi yang lebih nyaman di Metro Atom Pasar Baru sebanyak 108- 110 lapak.

"Itu sudah dipersiapkan PD Pasar Jaya di Pasar Atom. Ada sebanyak 104 pedagang, yang disiapkan ada 108- 110 pedagang. Jadi kita berharap memang diisi," ujar Irwandi.

Baca juga: Dewan Kota sebut banyak PKL Senen berasal dari luar daerah

Baca juga: Dekot sarankan Lurah Pasar Baru buat sambutan bagi pedagang eks Senen

Baca juga: Petugas Satpol PP akan jaga trotoar Senen dari PKL hingga 10 malam


Sebelumnya, diketahui Pemerintah Kota Jakarta Pusat melarang PKL Senen untuk berjualan sejak awal Desember 2019 karena laporan masyarakat yang resah terhadap keberadaan mereka.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan pihaknya sudah menyediakan tempat relokasi bagi para PKL Senen yaitu di Metro Atom Pasar Baru.

Oleh karena itu, untuk memastikan agar para PKL tidak berdagang kembali Pemerintah Kota Jakarta Pusat menurunkan 600 personel menjaga trotoar dan sekitar Pasar Senen agar tetap steril dari pedagang pada Senin (9/12).

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019