Jakarta (ANTARA) - Konferensi teknologi The NextDev Summit 2019 digelar oleh Telkomsel sebagai platform untuk menghubungkan para pemangku kepentingan dari berbagai latar belakang demi mempercepat terwujudnya ekonomi digital di Indonesia secara keseluruhan dan berkelanjutan.

“The NextDev awalnya adalah CSR dari Telkomsel dalam rangka memberikan kepedulian kepada masyarakat, memberikan value added, telah berjalan sejak 5 tahun lalu, dan energinya semakin membesar. Dengan perkembangan teknologi kita membuat konferensi teknologi The NextDev Summit,” ujar Acting CEO Telkomsel, Heri Supriadi, membuka konferensi di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu.

Mengusung tema “Spark the Change”, acara yang baru pertama kali digelar itu bermaksud mengakselerasi semangat untuk memberikan perubahan yang berarti melalui kolaborasi dari para pemain-pemain kunci di berbagai bidang.

Konferensi teknologi tersebut melibatkan 5.000 partisipan yang merupakan para milenial dengan antusiasme tinggi terhadap perusahaan rintisan digital, dengan lebih dari 105 pembicara yang merupakan para ahli dari industri teknologi.

“Kita harapkan nantinya akan semakin banyak mitra strategis mendukung kami, dan bisa menjadi Mekah-nya komunitas startup mengembangkan idenya yang berdampak sosial bagi Indonesia,” kata Heri.

Lebih lanjut, Heri mengatakan langkah yang dilakukan Telkomsel tersebut sejalan dengan program 1.000 startup Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dalam kesempatan itu, Dirjen Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kominfo, Widodo Muktiyo, yang mewakili Menkominfo Johnny G. Plate, mengatakan konferensi tersebut dapat membangun spirit entrepreneurship anak muda Indonesia.

“Ada tujuan mulia yang ingin dicapai dalam kegiatan semacam ini, yaitu satu, keinginan untuk mengembangkan startup teknologi yang menciptakan dampak sosial nyata bagi Indonesia,” ujar Widodo.

“Kedua, memfasilitasi perkembangan ekosistem yang berbasis digital di Indonesia. Ketiga, keinginan untuk menumbuhkan kemandirian bisnis melalui teknologi digital, dan yang keempat keinginan menumbuhkan karya yang dapat memajukan bangsa dan negara,” tambah dia.


Baca juga: AMSI gelar IDC 2019 untuk bangun ekosistem digital

Baca juga: Pemerintah diminta fokus bangun ekosistem ekonomi digital

Baca juga: Pemerintah serius bangun ekosistem ekonomi digital


Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019