"Rakernas kali ini sangat spesifik karena hanya ingin menetapkan tempat dan jadwal pelaksanaan Kongres PAN. Diharapkan, rakernas ini dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan yang diagendakan," kata Ketua Steering Committee atau Panitia Pengarah Rak
Jakarta (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ke-5 pada Sabtu (7/12), dengan agenda menetapkan jadwal pelaksanaan Kongres PAN.

"Rakernas kali ini sangat spesifik karena hanya ingin menetapkan tempat dan jadwal pelaksanaan Kongres PAN. Diharapkan, rakernas ini dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan yang diagendakan," kata Ketua Steering Committee atau Panitia Pengarah Rakernas PAN 2019, Saleh Partaonan Daulay, di Jakarta, Kamis.
Baca juga: Perempuan Papua ditunjuk Ketua OC Rakernas PAN

Dia mengatakan, rakernas tersebut akan diikuti peserta yang terdiri dari pengurus harian DPP PAN, ketua MPP, ketua Mahkamah Partai, ketua dan sekretaris DPW PAN seluruh Indonesia.

Selain itu, menurut dia, ketua-ketua DPD PAN se-Indonesia akan diundang sebagai peninjau dan anggota legislatif serta kader yang menduduki jabatan di eksekutif juga akan diundang.

"Diharapkan semuanya dapat memberikan masukan yang konstruktif bagi persiapan pelaksanaan kongres yang akan datang," ujarnya lagi.

Saleh menjelaskan dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PAN disebutkan bahwa masa bakti setiap kepengurusan adalah selama-lamanya lima tahun.

Atas dasar itu, menurut dia, dalam rapat panitia pengarah beberapa hari yang lalu, ditetapkan bahwa pelaksanaan kongres akan dilaksanakan pada kisaran bulan Februari dan Maret 2020.

"Sementara tanggal pelaksanaannya diserahkan pada permusyawaratan di rakernas nanti," katanya.
Baca juga: PAN gelar Rakernas 7 Desember siapkan kongres

Terkait pelaksanaan kongres, menurut dia, DPP PAN memberikan kesempatan kepada seluruh wilayah untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah dan mereka diminta untuk mengajukan surat kesediaan dan proposal menjadi tuan rumah.

Dia menjelaskan, setelah itu DPP PAN nantinya akan memilih beberapa di antaranya yang dinilai memiliki kualifikasi berdasarkan proposal yang diajukan dan beberapa wilayah tersebut selanjutnya dibawa ke rakernas untuk dipilih salah satu di antaranya sebagai tuan rumah.

"Dari agenda yang ada, tidak ada yang rumit untuk diputuskan. Diharapkan, rakernas ini akan menjadi semangat bagi terlaksananya kongres yang tenang, tertib, dan bermartabat," katanya pula.

Rakernas V PAN akan dilaksanakan di Hotel Millenium, Jakarta pada Sabtu (7/12).

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019