eman-teman di APPSI, para gubernur mempercayakan kami untuk menjadi ketua APPSI 2019-2023, karena dititipkan saya insya Allah akan menjalankan sebaik-baiknya
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpilih menjadi Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) periode 2019-2023.

"Teman-teman di APPSI, para gubernur mempercayakan kami untuk menjadi ketua APPSI 2019-2023, karena dititipkan saya insya Allah akan menjalankan sebaik-baiknya," kata Anies Baswedan usai kegiatan Musyawarah Nasional APPSI di Jakarta, Selasa.

Pada periode yang baru ini, APPSI sudah menyusun beberapa program kerja, salah satunya menurut dia adalah tentang variabel untuk menghitung alokasi pembangunan bagi daerah kepulauan.

Baca juga: Mendagri: Gubernur hendaknya jadi wakil pemerintah pusat dan pembina

"Satu yang paling diusulkan oleh sebagian besar terutama dari kawasan Indonesia timur adalah tentang variabel untuk menghitung alokasi pembangunan bagi daerah kepulauan," ujarnya.

Para gubernur yang daerahnya kepulauan lanjut Anies, mengeluhkan selama ini cara perhitungannya ukuran wilayah metode hitungnya disamakan dengan daratan.

Baca juga: Tito: Ideologi hanya bisa di lawan dengan ideologi

"Bagi kawasan yang kepulauan dan penduduknya sedikit akhirnya kecepatan pembangunannya menjadi rendah," ucapnya.

Kemudian, APPSI periode 2019-2023 memasukkan penyusunan format baru tentang rumus variabel penghitungan alokasi pembangunan daerah untuk ditawarkan kepada pemerintah pusat itu sebagai salah satu program kerja.

Baca juga: Ma'ruf Amin minta gubernur jalankan program prioritas pemerintah pusat

Baca juga: Bertemu Tito, APPSI sampaikan persiapan Munas


Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019