Banjarmasin (ANTARA) - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Gelombang Rakyat atau Gelora Kalimantan Selatan (Kalsel) H Riswandi menyatakan partai politiknya yang baru berdiri menggembosi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), terutama di provinsinya.

Sanggahan mantan politikus PKS yang tiga periode menjadi anggota DPRD Kalsel tersebut sebelum acara konsolidasi Gelora Kalsel periode 2019-2024 di Hotel Zuri Ekspress Banjarmasin, Minggu.

Mengenai isu kepindahan ribuan kader PKS di "Bumi Perjuangan Pangeran Antasari" Kalsel ke Partai Gelora, dia menyatakan bahwa hal itu hak pribadi seseorang.

"Kita tidak bisa melarang mereka yang pindah partai politik (Parpol), karena itu hak seseorang," tegas mantan pegawai Departemen Keuangan (Depkeu) Republik Indonesia yang terjun ke dunia politik awal tahun 2000-an tersebut.

Baca juga: Tifatul mengaku belum ada pemecatan kader PKS terkait Partai Gelora

Ia optimistis, walau Gelora baru mendeklarasikan diri pada 10 November lalu atau bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2019, akan bisa ikut Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Pasalnya kami sejak jauh-jauh hari sudah menyiapkan perangkat lunak seperti sumber daya manusia (SDM) maupun perangkat keras berupa Sekretariat agar bisa lolos dalam verifikasi nanti," tegasnya.

Ketika ditanya, apakah juga optimistis Gelora bisa masuk menjadi wakil rakyat, baik pada tingkat pusat maupun daerah (provinsi serta kabupaten/kota), dia mengatakan, lihat saja perkembangan nanti.

Laki-laki kelahiran 1969 yang bergelar sarjana ilmu pemerintahan itu mengapresiasi pertanyaan tersebut yang beranjak dari pengalaman Pemilu 2019 banyak parpol yang tidak berhasil mendapatkan kursi legislatif seperti hanya di Kalsel.

Baca juga: Pengamat: Partai Gelora Indonesia harus membedakan diri dari PKS

Baca juga: Anis Matta bakal jadi Ketum Partai Gelora Indonesia


"Kami mengapresiasi dan berterima kasih atas pertanyaan yang cukup menggelitik itu, sehingga membuat kami harus lebih berhati-hati serta berbuat lebih banyak lagi," ujarnya didampingi Sekretaris DPW Gelora Kalsel Wahyudi yang juga mantan kader PKS.

"Belajar dari pengalaman Pemilu 2019 dan Pemilu-pemilu sebelumnya itulah, kami membuat strategi serta kiat-kiat untuk bisa ekses pada lembaga legislatif," lanjut laki-laki berkumis tipis dan berdarah Minang, Sumatera Barat (Sumber) yang sudah kebanjar-banjaran Kalsel itu.

Ia menambahkan, Partai Gelora yang berasakan Pancasila terbuka buat semua elemen masyarakat/bangsa. "Karena kami dari Gelora berpendapat, Pancasila itu sudah final sebagai dasar dan ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," tegasnya.

"Namun Partai Gelora mempunyai ciri khas karakter yaitu Islam (mengedepankan nilai-nilai kebenaran sesuai tuntunan agama), Nasionalis, Demokrasi dan Kesejahteraan atau dengan singkatan Indek," demikian Riswandi.

Pewarta: Sukarli/Syamsuddin Hasan
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2019