Keputusan tentang pembentukan polres sudah ada kemungkinan akan dipersiapkan dalam waktu dekat
Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, Mabes Polri saat ini sudah menyetujui pembentukan lima polres di Papua.

Lima kabupaten yang akan segera memiliki polres yaitu Kabupaten Puncak, Intan Jaya, Nduga, Deiyai dan Kabupaten Yalimo.

"Keputusan tentang pembentukan polres sudah ada kemungkinan akan dipersiapkan dalam waktu dekat," kata Waterpauw di Jayapura, Sabtu.

Baca juga: Kapolda Papua: Pengungsi Wamena siap berdialog dengan Presiden Jokowi

Diakui, pembentukan polres itu usulan dari Polda Papua dengan berbagai pertimbangan di antaranya masalah keamanan.

Selain mengusulkan pembentukan polres, ungkap Waterpauw, Polda Papua juga mengusulkan peningkatan status polres guna mensejajarkan dengan TNI AD, namun yang diterima dan ditingkatkan statusnya adalah Polres Jayapura Kota.

Dengan adanya pembentukan polres baru dan peningkatan status Polres Jayapura Kota maka berbagai persiapan saat ini sedang dilakukan termasuk personel.

Baca juga: Kapolda: Pasukan disiagakan di sejumlah wilayah rawan di Papua

Ketika ditanya tentang situasi kamtibmas menjelang 1 Desember yang merupakan HUT OPM, organisasi yang ingin memisahkan Papua dari NKRI, Irjen Pol Waterpauw yang menjabat sebagai Kapolda Papua kedua kalinya itu mengatakan, saat ini situasi aman dan terkendali.

Namun, pihaknya berharap agar masyarakat tidak mudah terpancing dengan isu yang sengaja dilontarkan untuk mengganggu kamtibmas, ujar Irjen Pol Waterpauw berharap.

Baca juga: Kapolda Papua ingatkan anggota tidak boleh lengah

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019