Jakarta (ANTARA) - Komisi IV DPR RI menginginkan tingkat kesejahteraan nelayan di berbagai daerah semakin meningkat dengan hadirnya Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI periode 2019-2024 di Kabinet Indonesia Maju.

"Kami ingin membuktikan (dengan kepemimpinan Menteri Edhy di KKP) apakah nelayan hidupnya juga akan sejahtera atau tidak," kata Ketua Komisi IV DPR RI Sudin dalam Rapat Kerja Perdana Komisi IV DPR RI periode 2019-2024 dengan Menteri Edhy di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu.

Sebagaimana diketahui, Edhy Prabowo sebelum diberikan amanah sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, dahulunya pada periode 2014-2019 merupakan Ketua Komisi IV DPR RI.

Bahkan, pada awal rapat, Menteri Edhy sempat bercanda dengan berupaya duduk kembali di kursi Pimpinan Komisi IV DPR RI, sebelum akhirnya duduk di kursi yang telah ditentukan.

Dalam kata sambutannya, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin juga menginginkan agar pemangku kepentingan sektor kelautan dan perikanan benar-benar merasakan kehadiran negara.

Baca juga: Menteri Edhy ingin spesies perikanan unggulan diperbanyak

Sudin juga tidak menginginkan agar Menteri Kelautan dan Perikanan yang baru menimbulkan kegaduhan, tetapi setiap permasalahan harus dirembuk bersama untuk dicari solusi.

"Kalau kokinya beda, masakannya juga berbeda," tutur Sudin yang berasal dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Sementara itu, Menteri Edhy mengemukakan Kementerian Kelautan dan Perikanan memiliki lima program utama pembangunan lima tahun ke depan.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI memaparkan lima program tersebut adalah membangun SDM, melanjutkan pembangunan infrastruktur, menghapus kendala regulasi, menyederhanakan birokrasi, dan melakukan transformasi ekonomi dari sumber daya alam menjadi produk bernilai tambah.

Baca juga: Menteri Edhy ingin membuat nelayan tersenyum

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV Daniel Johan menyatakan penting bagi Menteri Edhy untuk memastikan bahwa setiap hasil tangkapan nelayan memberikan manfaat bagi negara, penting agar setiap nelayan yang melaut dipastikan keselamatannya, serta penting agar subsidi benar-benar untuk nelayan kecil.

Daniel yang berasal dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa itu juga ingin agar Edhy dapat membuat semacam tim kajian yang dapat merevisi berbagai regulasi yang selama ini memberatkan pelaku usaha.

Edhy Prabowo menyambut baik usulan tersebut dan menyatakan, pihaknya siap untuk merevisi berbagai aturan yang memberatkan pemangku kepentingan sektor kelautan termasuk pelaku usaha perikanan.

Baca juga: Menteri Edhy ingin budi daya berkontribusi terbesar sektor perikanan

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019