Jakarta (ANTARA) - Youtube meluncurkan aplikasi streaming musik Youtube Music di Indonesia dan layanan bebas iklan serta download offline di Youtube Premium.

"Youtube menjadi bagian penting dari kultur Indonesia, sebagaimana diketahui kami sukses melahirkan artis dan kreator di Indonesia di mana kami sudah memberikan lebih dari 200 gold button," ujar Head of Music Content Partnerships (South East Asia, AU/NZ) Youtube and Youtube Go, Ruuben Van Den Heuvel dalam video conference di Kantor Google Indonesia, Jakarta, Selasa (5/11).

Lebih dari itu, Ruuben mengatakan Youtube telah memberikan lebih dari 2500 silver button untuk lebih dari ratusan ribu kreator, dan bahkan memberikan diamond level kepada dua kreator Indonesia.

Penghargaan yang diberikan kepada para kreator tersebut menunjukkan besarnya penggunaan Youtube di Indonesia. Hal tersebut, menurut Ruuben juga terlihat dari gelaran Youtube Fanfest yang dinilai sukses di Indonesia.

Tidak hanya ekosistem Youtube yang besar di Indonesia, musik streaming yang kian menjadi tren secara global juga menarik Youtube untuk meluncurkan layanannya itu ke pasar Indonesia.

"Jika kita melihat industri musik Indonesia sekitar 46 persen dari 41 juta dolar AS datang dari streaming, sehingga streaming sangat penting bagi industri musik Indonesia," ujar Ruuben.

"Dan, partisipasi kami juga sangat penting karena kami berharap dengan peluncuran Youtube Music dan Youtube Premium kami dapat berkontribusi kepada industri musik. Tujuan kami menjadi nomor satu penyumbang pendapatan," lanjut dia.

Dalam menghadirkan Youtube Music di Indonesia, Ruuben mengatakan telah menggandeng semua pihak dalam industri musik Tanah Air, termasuk perusahaan rekaman baik global maupun lokal, seperti Warner, Aquarius, Musika dan Trinity.

Baca juga: "Sweet Child O' Mine" Guns N Roses tembus 1 miliar penonton di YouTube

Baca juga: Perangkat Android akan dibekali pra-instal aplikasi YouTube Music


Youtube juga telah bekerjasama dengan Asosiasi Penerbit Musik Indonesia (Apmindo) untuk terlibat dalam hal hak cipta.

"Kami bekerja selama beberapa tahun untuk memastikan bahwa kami memiliki lisensi yang tepat sehingga kami bisa membayar sesuai dengan hak cipta," kata Ruuben.

Youtube Music bisa dinikmati secara gratis yang didukung iklan, namun Google memberi opsi langganan berbayar Youtube Music Premium yang memungkinkan pengguna untuk memutar lagu dan video di latar belakang, sehingga mereka tetap bisa mendengarkan musik sambil memakai aplikasi lain.

Youtube Music Premium juga menawarkan fitur download offline dan pengalaman mendengar musik tanpa iklan dengan harga berlangganan Rp49.000 per bulan.

Selain itu, Youtube juga menghadirkan Youtube Premium ke Indonesia. Youtube Premium tersedia dengan harga mulai dari Rp59.000 per bulan.

Layanan tersebut mencakup langganan Youtube Music Premium, dan menawarkan pengalaman bebas iklan dengan fitur pemutar latar belakang serta download offline untuk jutaan video di Youtube.

Ada pula paket khusus Youtube Music Family Plan dan Youtube Premium Family Plan, di mana pengguna dapat menambahkan hingga enam akun mulai dari Rp75.000 per bulan.

Aplikasi Youtube Music dapat diunduh di Google Play Store dan iOS App Store. Youtube memberikan tawaran perkenalan khusus tiga bulan gratis untuk Youtube Music Premium, sampai dengan 26 November 2019.

Baca juga: "As If This Last" BLACKPINK capai 700 juta tampilan di YouTube

Baca juga: Queen dan YouTube rilis 3 video kolaboratif dengan penggemar

Baca juga: Video "DNA" BTS ditonton 850 juta kali di YouTube

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019