Jakarta (ANTARA) - Pemprov DKI Jakarta dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggelar karnaval bertajuk "Jakarta Langit Biru" 2019 pada Minggu (27/10), untuk mengkampanyekan kendaraan ramah lingkungan, demi mengurangi jumlah karbon di Jakarta.

"Karnaval yang akan dilaksanakan bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-74 itu pada pukul 14.00-18.00 WIB, sekaligus memperingati hari Sumpah Pemuda ke-91 pada tanggal 28 Oktober 2018 ini, untuk mengkampanyekan kendaraan ramah lingkungan," kata Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, di Balai Kota Jakarta, Jumat.

Rute karnaval dimulai dari kawasan Patung Pemuda (Bundaran Senayan), Jakarta Selatan, menuju Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, dan kembali lagi ke Patung Pemuda dengan jarak tempuh sekitar 10 km (PP) dan durasi sekitar 50 menit.

Karnaval yang diinisiasi PT PLN tersebut, kata Saefullah, akan memberikan dampak positif terhadap lingkungan yang sesuai dengan Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 Tentang Pengendalian Kualitas Udara.

Sementara itu di lokasi yang sama, Wakil Presiden (VP) Eksekutif PLN, I Made Suprateka menekankan jika acara ini  untuk menggaungkan electric lifestyle, yaitu membangun gaya hidup berwawasan lingkungan menggunakan energi yang ramah lingkungan satu satunya yaitu listrik.

"Bagi kita yang berada di Jakarta syukur alhamdulillah kita telah disediakan MRT dengan menggunakan energi listrik. Sehingga kita bisa mengurangi polusi yang ada di Jakarta ini. Lalu sudah banyak juga kendaraan lainnya secara pribadi yang bisa kita beli atau dengan alat-alat olahraga saja yang bisa kita gunakan untuk transportasi yang ramah lingkungan dan bersih lingkungan ini harus digalakan," tutur I Made Suprateka.

Baca juga: Jakarta selenggarakan karnaval ramah lingkungan

Baca juga: Pegadungan wilayah dengan kualitas udara terburuk di Jakarta

Baca juga: Hakim tolak penggugat intervensi dalam kasus Polusi Udara Jakarta


Terdapat tujuh jenis kendaraan listrik yang akan memeriahkan karnaval, yaitu sepeda listrik, motor listrik, bajaj listrik, otoped, mobil listrik, taksi listrik dan bus listrik.

Dalam acara nanti Pemprov DKI Jakarta dan PT PLN akan menyepakati lima Komitmen Jakarta Langit Biru, yaitu:
1. Mendukung penggunaan kendaraan bermotor listrik bebas emisi di lingkungan kerja masing-masing;
2. Mendukung penggunaan kendaraan bermotor listrik dengan menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung seperti tempat parkir dan charging station;
3. Mendukung pengembangan infrastruktur kendaraan bermotor listrik dan infrastruktur pendukungnya;
4. Menggunakan sumber energi ramah lingkungan yang bebas emisi dalam penyelenggaraan kegiatan-kegiatan dinas;
5. Meminimalisir sumber energi yang tidak ramah lingkungan di lingkungan kerja masing-masing.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019