Jakarta (ANTARA) - Hari ini Facebook menguji coba menyembunyikan jumlah suka alias "like" dalam unggahan, dimulai dari Australia, dilansir TechCrunch, Kamis (26/9).

Uji coba itu akan menyembunyikan jumlah "like" dalam unggahan dan hanya akan menampilkan bahwa unggahan itu disukai oleh seorang teman dan beberapa orang lain.

Uji coba itu akan jadi ukuran apakah fitur tersebut dapat meningkatkan rasa kebahagiaan pengguna, dan jika percobaan berhasil, pengujian dapat diluncurkan ke lebih banyak wilayah.

“Kami sedang menjalankan tes terbatas di mana jumlah like, reaksi, dan tampilan video dibuat pribadi di Facebook. Kami akan mengumpulkan umpan balik untuk memahami apakah perubahan ini akan meningkatkan pengalaman orang," kata juru bicara Facebook kepada TechCrunch.

Facebook mengkonfirmasi awal bulan ini bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk menyembunyikan jumlah "like" setelah peneliti aplikasi seluler Jane Manchun Wong menemukan fitur tersembunyi yang terkubur di aplikasi Android perusahaan.

Menurut temuannya, pengguna Facebook masih dapat mengetuk untuk melihat daftar lengkap orang yang menyukai dan bereaksi terhadap sebuah unggahan namun jumlah "like" tidak lagi akan ditampilkan di Umpan Berita alias "News Feed" .

Menyingkirkan kemampuan untuk melihat jumlah "like" adalah satu langkah kecil yang bisa menghalau perasaan cemas dan depresi yang terkait dengan penggunaan media sosial.

Sebelumnya, Instagram sudah melakukan pengujian menyembunyikan jumlah "like" pada awal tahun ini di Kanada, dan memperluas tes ke lebih banyak wilayah ketika pengguna melaporkan bahwa mereka benar-benar menyukai itu.


Baca juga: Cara berinteraksi aman dan nyaman di Facebook

Baca juga: Perhatikan lima cara ini agar akun Facebook aman

Baca juga: Facebook akan akuisisi startup sains otak CTRL-labs

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019