Jakarta (ANTARA) - Pada masa awal kehamilan, ibu yang mengandung dianjurkan untuk segera mengunjungi fasilitas kesehatan dan rutin mengontrol kondisi kandungan.

Jika tanda-tanda berikut ini terjadi pada kehamilan, segera sampaikan ke dokter untuk mencari solusi karena bisa jadi itu adalah sinyal bahaya yang bisa memengaruhi nasib janin.

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan Ali Sungkar mengemukakan beberapa tanda bahaya pada kehamilan, di antaranya adalah nyeri saat buang air kecil.

"Hati-hati bila ada rasa nyeri berkemih atau jumlah urine berkurang, kata Ali di Jakarta, Selasa. "Itu bisa pertanda ada infeksi saluran kencing."

Selain itu, waspadalah bila terjadi perdarahan, nyeri perut dan ulu hati serta muntah terus menerus.

Tanda lain yang harus diperhatikan adalah bengkak di muka dan tangan, nyeri kepala berat yang tidak hilang, pandangan kabur atau perasaan berputar serta demam disertai menggigil dengan suhu tubuh di atas 38 derajat celsius.

Untuk meminimalisasi risiko kehamilan, Ali menegaskan pentingnya memenuhi kebutuhan nutrisi makro dan mikro di tiap tahapan, mulai dari prakehamilan, trimester 1, 2 dan 3 serta menyusui.

Baca juga: Siapa yang rentan hadapi kehamilan berisiko tinggi?

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019