Mbok ya sabar. Pidato besok, kok ditanya sekarang. Sabar, tunggu saja besok."
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengunjungi kompleks Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis (15/8) petang, untuk meninjau persiapan pelaksanaan sidang tahunan MPR RI dan sidang bersama DPR RI-DPD RI yang akan diselenggarakan pada Jumat (16/8).

Presiden Joko Widodo tiba di Gedung Nusantara atau Gedung Kura-kura Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, sekitar pukul 18:00 WIB. Kehadiran Presiden Joko Widodo yang menggunakan kendaraan dinas kepresidenan, tampak disambut oleh Sekretaris Jenderal DPR RI, Indra Iskandar, dan jajarannya, yang kemudian mengantarkan Presiden menaiki eskalator menuju ruang sidang di Gedung Nusantara.

Baca juga: Presiden Jokowi kunjungi lokasi Sidang Tahunan MPR

Baca juga: Ketua DPR lakukan pengecekan gladi resik sidang tahunan

Baca juga: Pakar: Pidato kenegaraan itu konvensi ketatanegaraan


Wartawan berusaha untuk bertanya kepada Presiden Joko Widodo, tapi Presiden Joko Widodo langsung berjalan ke ruangan sidang.

Setelah menunggu cukup lama dan Presiden Joko Widodo keluar lagi dari ruangan sidang, dia mengatakan, kunjungannya ke Gedung Nusantara Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI untuk mengecek podium yang akan menjadi tempatnya berpidato dalam sidang tahunan MPR RI, hari Jumat (16/8) besok.

"Saya cuma ingin lihat podiumnya, biar besok tampil lebih percaya diri," kata Presiden Joko Widodo sambil tersenyum.

Menurut Jokowi, podium yang aman menjadi tempatnya berpidato berukuran besar. "Podium itu adalah podium lama yang biasa digunakan saat memberikan pidato pada sidang tahunan MPR RI," katanya.

Wartawan juga berusaha menanyakan, apa saja materi pidato yang akan disampaikannya pada pidato kenegaraan, hari Jumat besok. Jokowi mengatakan, agar bersabar. "Mbok ya sabar. Pidato besok, kok ditanya sekarang. Sabar, tunggu saja besok," katanya.

Wartawan juga bertanya lagi, apakah Presiden Jokowi akan menyampaikan soal rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan? Kembali ia meminta agar para wartawan bersabar. "Sabar, tunggu saja besok," katanya.

Sementara itu, berdasarkan jadwal dari MPR RI, Presiden Joko Widodo akan berpidato pada sidang tahunan MPR RI mulai pukul 08:30 WIB, pidato kenegaraan mulai pukul 10:20 WIB, serta pidato penyampaian nota keuangan dan RAPBN 2020 pada sidang bersama DPR-DPD mulai pukul 14:00 WIB.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019