Jakarta (ANTARA) - Warga di sekitar Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengaku sangat terbantu oleh program Pangan Murah yang dibuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta karena dapat meringankan kebutuhan sehari-hari mereka.

"Sangat membantu, karena meringankan beban rakyat kecil," kata Lina salah satu warga yang tengah menunggu di depan toko penyalur program Pangan Murah di PD Pasar Jaya Pasar Minggu, Senin.

Ia mengatakan dengan adanya program tersebut, ia bisa membeli barang-barang sembako dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan harga asli sembako tersebut.

Baca juga: RPTRA Keuangan sediakan 800 paket pangan murah

Selain Lina, Umi, yang mengaku sudah setiap bulan membeli sembako di program Pangan Murah tersebut, mengatakan sangat bersyukur bisa mendapatkan bantuan potongan harga sembako setiap bulan dengan adanya progam itu.

"Sangat bersyukur sekali. Kebetulan anak saya sudah SMA, biaya buat ongkos kan bertambah. Jadi cukup beruntung bisa beli sembako murah," katanya.

Dengan program bantuan itu, ia mengaku bisa membeli beras dengan harga Rp30.000 per lima kilogram.

Baca juga: Ratusan warga serbu pangan murah di RPTRA Keuangan

Padahal jika di pasar tradisional, harga beras rata-rata sekitar Rp10.000 per satu kilogram.

Selain membeli beras, di program Pangan Murah tersebut Umi juga bisa membeli bahan kebutuhan lain seperti telor, daging sapi, ikan kembung dengan harga per kilogram masing-masing Rp10.000, Rp35.000, dan Rp13.000.

Sementara daging ayam harganya Rp8.000 per ekor dan susu harganya Rp30.000 per karton atau 24 pak dengan masing-masing pak berisi 200 mil susu.

Program Pangan Murah merupakan program ketahanan pangan yang ditujukan untuk meningkatkan gizi anak-anak dan warga golongan tertentu di Jakarta, menurut keterangan di akun Instagram resmi DKI Jakarta.

Jadwal program Pangan Murah bulan ini dimulai pada 12-16 dan 19-22 Agustus 2019 serta dapat diperoleh pada pukul 08:00-12:00 WIB di seluruh pasar di DKI Jakarta.

Warga yang memiliki kartu KJP Plus, Kartu Pekerja, Kartu Lansia Jakarta, PPSU, PHL, PJLP setara UMP dan penghuni rusun Pemda juga dapat mengakses program itu di toko perkulakan, beberapa rusun dan RPTRA.

Pewarta: Katriana
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019