Jakarta (ANTARA) - Apple setahun belakangan mengubah kebiasaan mereka menamai generasi terbaru iPhone, yang semula memakai nama sesuai urutan angka, menjadi X.

iPhone X, yang sebenarnya dibaca iPhone Ten, semula menjadi penanda ulang tahun ponsel pintar tersebut yang ke-10. X akhirnya menjadi branding baru Apple karena pada 2018 mereka mengluarkan iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR.

CoinX, seorang tipster atau yang sering membocorkan informasi mengenai gawai terbaru, mengemukakan penamaan iPhone tahun ini tidak lagi menggunakan angka, namun "Pro", seperti diberitakan laman Phone Arena. Diperkirakan iPhone terbaru pada September nanti bukan bernama iPhone 11.

CoinX memiliki rekam jejak memberi bocoran akurat soal penamaan iPhone XS/XR tahun lalu dan keberadaan iPad Air 10,5 inci beberapa minggu sebelumn diluncurkan.

Belum banyak informasi yang diketahui mengenai iPhone baru, namun, ada tiga skenario soal penamaan ponsel pintar itu.

Skenario pertama, model yang selama ini disebut sebagai iPhone 11 dan 11 Max akan dinamai iPhone Pro (5,8 inci) dan iPhone Pro (6,5 inci). Penerus iPhone termurah XR akan bernama iPhone (2019). Penamaan ini mirip dengan branding Apple untuk iPad.

Skenario kedua, penerus iPhone XS dan XS Max akan disebut sebagai iPhone Pro dan iPhone Pro Max. Sementara itu, branding iPhone XR akan dilanjutkan menjadi iPhone (2019).

Skenario terakhir, iPhone XS akan diganti menjadi iPhone 11, sementara iPhone XS Max sebagai iPhone 11 Pro. Model iPhone XR akan digantikan dengan iPhone 11R.

Baca juga: Apple tantang peneliti temukan cacat keamanan iPhone

Baca juga: Apple Card hadir di AS Agustus ini

Baca juga: LG akan pasok panel iPhone XII

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019