Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama anak usaha menggelar Safari Ramadhan dengan berbagai program berbagi, yang ditujukan kepada masyarakat mulai dari pemberian santunan, pembagian sembako, hingga mudik bersama BUMN.

"Menyambut Ramadhan, kami ingin berbagi dengan masyarakat melalui berbagai program yang langsung menyentuh dan membantu masyarakat. Pupuk Indonesia sebagai BUMN tidak hanya fokus dalam peningkatan profit, namun juga manfaat langsung kepada masyarakat," kata Kepala Komunikasi Korporat Pupuk Indonesia Wijaya Laksana dalam siaran pers di Jakarta, Senin.

Program Safari Ramadhan meliputi santunan dan pembagian sembako kepada masyarakat secara langsung, membagikan 400 paket sembako kepada anak yatim piatu di tujuh panti asuhan yang tersebar di Jakarta.

Rivan (12), salah seorang penerima santunan dari Panti Asuhan Putra Nusa, mengaku senang atas kegiatan berbagi Pupuk Indonesia. "Di bulan Ramadhan ini banyak yang peduli dengan saya dan teman-teman, bantuan alat sekolah juga mau langsung dipakai untuk sekolah besok," ungkap Rivan.

Pengurus Panti Asuhan Putra Nusa, Ayu (45), juga mengapresiasi kepedulian Pupuk Indonesia terhadap anak-anak panti asuhan, selain meringankan beban kebutuhan, juga dapat memberikan semangat dan inspirasi bagi anak-anak panti asuhan untuk terus belajar.

Selain itu, Pupuk Indonesia dan anak perusahaan ikut pada tanggal 30 Mei 2019 juga terlibat dalam program bersama Kementerian BUMN yakni "Mudik Bersama BUMN", yang memberangkatkan sebanyak 55.000 orang pemudik ke sejumlah kota besar di Tanah Air, menggunakan moda transportasi bus, dan kapal laut.

Wijaya menambahkan, selain program peduli Ramadhan, Pupuk Indonesia dalam mengembangkan kontribusinya kepada masyarakat melalui empat pilar program yang dilakukan yaitu alam, kesejahteraan, masyarakat dan ekonomi.

Program yang berkaitan dengan alam di antaranya meliputi Kampung Holtikultura di Palembang, Keramba Jaring Apung Bontang, Hutan Mangrove di Gresik dan Bontang. Selanjutnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ekonomi melalui berbagai bantuan tanggap bencana gempa, program pembinaan usaha kecil, program pemberian beasiswa kepada masyarakat di sekitar pabrik-pabrik Pupuk Indonesia.

Selama tahun 2018, Pupuk Indonesia bersama dengan anak usahanya menyalurkan dana program kemitraan, program bina lingkungan (PKBL) dan CSR sekitar Rp256,46 miliar, meningkat dibanding tahun 2017 sebesar Rp249,436 miliar.

Baca juga: Hingga April, Pupuk Indonesia salurkan 2,86 juta ton pupuk bersubsidi