Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Sebanyak 80 personel polisi Polres Bangka diterjunkan untuk melakukan pengamanan pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara di KPU daerah itu.

Kapolres Bangka, AKBP M. Budi Ariyanto melalui Kabag Ops Kompol S Sopian di Sungailiat, Kamis, mengatakan pihaknya menerjunkan pam pengamanan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara di KPU sebanyak 80 personel.

"Pam pengamanan rapat pleno terbuka dijadwalkan selama tiga hari mulai tanggal 1 sampai 3 Mei 2019 sesuai jadwal KPU," katanya.

Dikatakan, pengamanan penghitungan rekapitulasi suara juga dibantu personel TNI dan Satpol PP dengan jumlah total kurang lebih 20 personel.

Menurutnya, jadwal pengamanan dapat berubah disesuaikan dengan selesainya penghitungan rekapitulasi tersebut.

Dia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga untuk tetap memelihara keamanan dan ketertiban yang ada di masyarakat.

"Menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat keamanan saja baik itu TNI - Polri maupun Satpol PP," katanya.

Dia mengimbau masyarakat di wilayah Kabupaten Bangka agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

"Persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat harus diutamakan, jangan mudah terprovokasi oleh hal - hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa dan negara," jelasnya.