Manado (ANTARA) - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Sulawesi Utara dan Gorontalo mengalokasikan anggaran sebesar Rp47,82 miliar untuk membangun infrastruktur jalan menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut).

"Sepanjang enam kilometer yang akan kita bangun, itu dibagi dalam dua segmen," kata Kepala Satuan Kerja (Kasatker) PJN Wilayah I Julia Luntungan ST MSi di Manado, Rabu.

Sepanjang enam kilometer yang akan dikerjakan PJN Wilayah I, lanjut dia, adalah jalan provinsi yang ada di segmen Sukur menuju Likupang (Pantai Paal).

Segmen I dimulai dari simpang tiga Desa Marinsow menuju ke simpang tiga Pantai Paal.

Sementara segmen II yang ada pada ruas Sukur-Likupang, kontruksi jalannya mulai dibangun dari Jembatan Kijang menuju Desa Paslaten, Likupang.

Julia menjelaskan Kontruksi jalan yang akan dibangun di segmen I sepanjang 2.760 meter, sementara segmen II sepanjang 3.240 meter.

"Output kita adalah pelebaran jalan menuju standar yaitu tujuh meter dari jalan eksisting yang sudah ada saat ini. Jadi ada tujuh meter perkerasan jalan ditambah bahu jalan dua meter," ujarnya.

Bahu jalan dua meter (kiri-kanan), lanjut dia, nanti akan menyesuaikan dengan kondisi riil di lapangan saat ini karena sudah dibangun drainase serta bersinggungan dengan rumah penduduk.

"Gambar desainnya sudah selesai dan tinggal menunggu kesiapan lahan yang menjadi domain pemerintah provinsi," ujarnya.

Baca juga: KEK Pariwisata Pulisan-Likupang Sulut diyakini sejahterakan masyarakat

Baca juga: 3.000 hektare disiapkan untuk bangun KEK Pariwisata Likupang

Baca juga: KEK Pariwisata Tanjung Pulisan-Likupang ditargetkan ditetapkan Juni

Baca juga: Jokowi dijadwalkan canangkan KEK Pariwisata Likupang