Washington (ANTARA News) - Pemerintah China dan Amerika Serikat mencapai kemajuan substansial tentang masalah-masalah spesifik pada putaran terakhir perundingan ekonomi dan perdagangan tingkat tinggi kedua negara tersebut di Washington, delegasi China mengatakan Minggu (24/2/2019).

Selama pembicaraan 21-24 Februari 2019 atau putaran ketujuh sejak Februari tahun lalu, negosiator China dan Amerika Serikat selanjutnya menerapkan konsensus penting yang dicapai oleh presiden kedua negara selama pertemuan Desember mereka di Argentina, dan memfokuskan pembicaraan mereka pada teks sebuah persetujuan.

Delegasi China mengatakan bahwa kemajuan substansial telah dibuat pada masalah-masalah spesifik seperti transfer teknologi, perlindungan hak kekayaan intelektual, hambatan nontarif, industri jasa-jasa, pertanian, dan nilai tukar.

Atas dasar kemajuan terakhir, kedua belah pihak akan melanjutkan pekerjaan mereka untuk tahap berikutnya sesuai dengan instruksi dari kepala negara kedua negara, tambah delegasi China, dikutip dari Xinhua.

Tim China dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Liu He, yang juga datang sebagai utusan khusus Presiden Tiongkok Xi Jinping, dan tim Amerika Serikat dipimpin oleh Perwakilan Dagang Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin.

Baca juga: Putaran baru perundingan dagang AS-China bakal dimulai di Washington
Baca juga: China-AS mulai lagi rundingkan perdagangan