Jakarta (ANTARA News) - Ketua Lembaga Dakwah PBNU KH Maman Imanulhaq mengatakan Maulid Nabi merupakan momentum bagi umat Islam untuk meneladani perilaku Rasulullah Muhammad SAW.

Menurut Maman, ajaran Islam rahmatan lil alamin, Islam yang membawa rahmat bagi seluruh alam, terwujud sempurna pada sosok Nabi Muhammad.

"Nabi Muhammad mendakwahkan Islam dengan menyebarkan ajaran kemanusiaan dan toleransi," kata Maman di Jakarta, Selasa.

Nilai-nilai universal dan kemanusiaan yang diajarkan Nabi Muhammad membawa manusia pada kesamaan derajat sekaligus menghancurkan sekat-sekat identitas kesukuan.

"Beliau punya pikiran luar biasa tentang kemajuan kemanusiaan. Inilah yang menjadi bukti bahwa agama yang dibawa Muhammad adalah agama yang rahmatan lil alamin," katanya.

Peringatan Maulid Nabi, kata pengasuh Pondok Pesantren Al Mizan, Majalengka, Jawa Barat itu, adalah mensyukuri kelahiran Nabi sekaligus mengkaji perjalanan hidupnya untuk dicontoh.

Spirit Maulid Nabi ini, lanjut Maman, harus terus ditebarkan kepada seluruh umat dan seluruh bangsa agar tercipta kehidupan yang harmonis.

"Juga harus ditebarkan bahwa manusia lahir di dunia dengan semangat membawa optimisme, nilai-nilai universal, toleransi, dan kedamaian, bukan lahir dengan membawa angkara murka," katanya.

Menurut dia, jika bangsa Indonesia yang mayoritas muslim mengamalkan spirit dan nilai Maulid Nabi maka cita-cita untuk mewujudkan kehidupan berbangsa yang damai dan tenteram pasti bisa tercapai.

"Jangan sekali-kali menodai hidup kita dengan politik sektarian, sukuisme, apalagi arogansi. Sesungguhnya Muhammad SAW hadir untuk membawa nilai kasih sayang, nilai egalitarian," katanya.