Roppongi, Tokyo (ANTARA News) - Animator Jepang, Masaaki Yuasa, yang terkenal melalui kartun "Kaiba", "Chibi Maruko-chan" dan "Crayon Shin-chan", menjelaskan sejumlah perbedaan dalam membuat kartun untuk anak dan orang dewasa.
Yuasa menjelaskan animasi anak-anak umumnya bercerita tentang hal-hal sederhana, sedangkan untuk kalangan dewasa bisa dibuat lebih panjang dan rumit layaknya novel.
"Tergantung targetnya, jika untuk anak-anak maka ceritanya akan menyempit pada kisah-kisah yang sederhana, seperti kita membaca buku anak-anak," kata Masaaki Yuasa yang ditemui Antara di Festival Film Tokyo 2018 (TIFF), Roppongi Hills, Senin (29/10).
"Namun untuk orang dewasa, ceritanya bisa seperti sebuah novel atau film," ujar director animasi "Lu Over the Wall" itu.
Di sisi lain, ia menekankan agar animator tidak perlu menyederhanakan karakter animasi untuk anak-anak, karena yang terpenting adalah ceritanya yang mudah dipahami.
"Jika karakternya untuk anak, justru kami tidak sederhanakan," kata dia.
Ia menambahkan, "Justru kami buat menarik layaknya kartun untuk dewasa, asalkan ceritanya dibuat lebih mudah dimengerti dan tidak ada sedikitpun unsur-unsur pornografi atau kekerasan."
Baca juga: Animator Shin-chan Masaaki Yuasa umumkan proyek kartun terbaru
Ketika ditanya bagaimana cara membuat kartun yang tidak terlupakan bagi kalangan anak dan dewasa seperti sosok Shin-chan dan Chibi Maruko-Chan, Yuasa menjawab, "Saya tidak tahu, jika tahu saya akan membuatnya terus-terusan."
Kendati demikian, ia belajar memahami bagaimana membuat cerita yang menarik sehingga film atau serial kartun bisa disukai banyak orang, baik dari keunikan karakter kartunnya hingga cerita yang disuguhkan.
Baca juga: TIFF 2018 soroti karya Koji Yakusho dan Masaaki Yuasa
Bedanya bikin kartun anak dan dewasa, menurut animator Shin-chan
30 Oktober 2018 06:48 WIB
Masaaki Yuasa saat tampil pada pemutaran "Lu Over the Wall" pada Festival Film Tokyo (TIFF) 2018, Minggu (28/10). (TIFF2018/Imagenet)
Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018
Tags: