Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 18 tim meramaikan ajang basket antar-media dan perusahaan digital (e-commerce) bertajuk Sinar Mas Land Basketball Tournament (SMLBT) 2018 yang berlangsung pada 5-11 November di lapangan basket The Breeze, BSD City, Tangerang Selatan.

Gelaran ini sudah enam kali dilaksanakan setiap tahun, dan dua gelaran diantaranya mengundang perusahaan digital. Ada 18 tim yang berlaga dengan komposisi sembilan tim dari grup media dan sembilan tim dari perusahaan digital (e-commerce).

"Ajang ini digelar sebagai wadah silahturahim dengan media dan perusahaan digital. Sesuai dengan kampanye kami yang menjadikan kawasan BSD City sebagai smart city digital, perhelatan ini sangat tepat," kata Head of Corporate Communication Sinar Mas Land, Panji Himawan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Panji menambahkan ia berharap turnamen ini berjalan dengan baik dan semakin meningkat kualitas pertandingannya.

Panji berharap para peserta tidak melakukan "walk out" (WO) atau mundur bertanding. Pasalnya, dalam turnamen ini tidak akan ada sanksi bagi tim yang WO.

"Sebisa mungkin jangan WO. Even ini bisa terselenggara dengan baik karena tim yang bermain adalah yang terbaik. Kami tidak akan berikan sanksi bagi yang WO, tapi jadi pertimbangan undangan tahun berikut," kata Panji dalam pertemuan teknik peserta SMLBT 2018 itu.

Dia berpesan agar seluruh tim bermain dengan penuh semangat dan menjunjung tinggi sportivitas antartim.

Sementara itu, Ketua Panpel SMLBT 2018 Erly Bahtiar mengatakan ia menyambut baik hadirnya tim dari perusahaan teknologi digital dan diharapkan bisa memberikan persaingan baru sekaligus memberikan nuansa persaingan yang lebih ketat dan seru.

"Dengan adanya peserta dari perusahaan teknologi digital bisa meningkatkan kualitas turnamen dan persaingan," ucapnya.

Seperti pada perhelatan sebelumnya, turnamen tetap memberikan kesempatan pada tim peserta memainkan satu pebasket mantan pemain nasional dengan batasan usia 40 tahun dan tidak ada lagi batasan pemain redaksi maupun nonredaksi.

Aturan ini dilakukan agar pertandingan berjalan lebih seru dan meningkatkan kualitas dari turnamen. Sistem pertandingan menggunakan aturan dari PP Perbasi dengan format setengah kompetisi.

Tim yang berlaga dari kelompok media adalah MNC FTA, Kompas Gramedia, Mahaka Media, Emtek, Tempo Media Grup, Trans Media, MNC Grup, Viva Grup dan Media Grup.

Sedangkan dari kelompok perusahaan digital adalah Belanja.com, Blibli.com, Sobatku, Tokopedia, Digital Hub, Grab Indonesia, Go-Jek, Kawancicil, dan Dimension Data Indonesia.

(T009/E009)