Hong Kong (ANTARA News) - Kiper Shin Hwa Yong menjadi pahlawan untuk Suwon Bluewings ketika juara Asia dua kali itu mengamankan tempatnya di semifinal Liga Champions Asia pada Rabu, berkat kemenangan adu penalti 4-2 atas sesama tim Korea Selatan (Korsel) Jeonbuk Motors.

Jeonbuk, juara pada 2006 dan 2016, menuju pertandingan ini dalam kondisi tertinggal 0-3 dari leg pertama tiga pekan silam, namun pasukan Choi Kang Hee mengemas tiga gol tanpa balas sebelum Adriano melihat Shin menggagalkan eksekusi penaltinya di fase akhir laga untuk membuat pertandingan harus diteruskan dengan perpanjangan waktu.

Shin menggagalkan sepakan Kim Shin Wook dan Lee Dong Gook pada adu penalti untuk memberikan kemenangan dramatis bagi Suwon.

Suwon memenangi leg pertama namun harus melihat tim lawan mampu menyamakan skor agregat dalam waktu 71 menit, ketika Jeonbuk kehilangan daya ledak yang mempengaruhi penampilan mereka sebelumnya.

Baca juga: Jeonbuk tantang Suwon di perempat final LCA

Penyerang asal Brazil Adriano mengecoh Shin untuk mengemas gol dari jarak dekat saat pertandingan berlangsung kurang dari 11 menit, dan tandukan Choi Bo Kyung dari jarak dekat pada menit keenam babak kedua membuat Suwon hanya unggul satu gol.

Keunggulan itu sirna ketika pemain pengganti Kin Shin Wook menanduk bola menuju sudut gawang saat laga menyisakan 20 menit lagi. Jeonbuk terlihat akan mengemas gol penentu kemenangan pada tambahan waktu, namun Shin mampu bergerak ke arah kanan untuk menggagalkan penalti Adriano.

Skor imbang tetap bertahan selama 30 menit perpanjangan waktu sebelum aksi heroik Shin pada adu penalti.

Suwon kini akan menghadapi Kashima Antlers di semifinal, di mana pertandingan leg pertama akan dimainkan pada 3 Oktober di Jepang dan pertandingan kedua di Korsel diselenggarakan tiga pekan kemudian. Klub Qatar Al Sadd akan bertemu wakil Iran Persepolis di semifinal lainnya.

Reuters/H-RF

Baca juga: Brisbane dan Suwon bermain imbang 3-3