Jakarta (ANTARA News) - Kegiatan vokalis grup band Slank Kaka tidak melulu soal menyanyi, kali ini di hadapan banyak orang, ia bicara banyak soal pentingnya melestarikan hiu.

"Kalau di suatu laut hiu masih banyak, maka kondisi laut itu sehat," kata Kaka dalam acara kampanye tentang laut yang digelar di Jakarta, Minggu.

Vokalis berambut gondrong itu, lalu mengingatkan bahwa keberadaan hiu di perairan nasional tengah terancam karena banyaknya spesies tersebut yang tak sengaja tertangkap oleh kapal pencari ikan.

Belum lagi, permintaan terhadap daging hiu sangat tinggi sehingga membuat masih banyak orang yang menangkap hewan tersebut. Kondisi ini membuatnya miris, sehingga ia pun mengajak semua kalangan untuk peduli dan turut melestarikan hiu.

Kaka, yang dalam acara tersebut mengenakan topi bertuliskan "I Love Hiu", menyatakan bahwa awalnya dia terlibat dalam kampanye tentang laut hanya karena ingin menyerahkan topi semacam itu kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Namun, ternyata dirinya diajak oleh Susi dan sejumlah pesohor lainnya untuk dapat tergabung dalam gerakan Pandu Laut Nusantara, sebagai upaya merangkul berbagai pihak agar mau benar-benar melestarikan laut.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan kepada dunia internasional untuk dapat meningkatkan kepedulian untuk melestarikan terumbu karang di kawasan perairan global, khususnya generasi muda.

Baca juga: Susi Pudjiastuti: ancaman terhadap laut masih tinggi
Baca juga: Menteri Susi resmikan Pandu Laut Nusantara