Jember (ANTARA News) - Penumpang kereta api mendapat makanan sahur, takjil, dan buka puasa secara gratis dengan tema "Perjalanan Menuju Berkah" yang dilaksanakan PT Kereta Api Indonesia mulai sepuluh hari sebelum Lebaran atau "H-10" atau Selasa 5 Juni hingga 14 Juni 2018.

"Kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada masyarakat yang telah memilih kereta api sebagai moda transportasi mudiknya dan wujud semangat berbagi PT KAI kepada sesama dalam Ramadhan," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 9 Luqman Arif di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu.

Total 500 paket takjil gratis diberikan kepada penumpang KA di stasiun keberangkatan yang telah melakukan "boarding" dan memasuki area zona 1 di stasiun keberangkatan.

"Takjil gratis itu dibagikan pada saat menjelang berbuka puasa pada pukul 16.30 atau kepada calon penumpang KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya di Stasiun Jember," tuturnya.

Ia mengatakan PT KAI juga menyiapkan makanan setiap hari yang akan dibagikan ke penumpang (kecuali bayi) saat waktu berbuka/sahur masih berada di dalam kereta dari 5 perjalanan KA diwilayah Daop 9 Jember.

"Jumlah makanan yang dibagikan pada saat buka dan sahur gratis itu sesuai dengan jumlah penumpang pada saat itu atau sesuai dengan manifest pada perjalanan KA, sehingga penumpang tidak perlu repot menyiapkan bekal untuk sahur atau berbuka puasa," kata Luqman.