Pontianak (ANTARA News) - Menkominfo Rudiantara melakukan pengecekan perkembangan pembangunan jaringan serat optik yang ada di Kota Singkawang untuk memastikan proyek Palapa Ring yang dibangun di 57 kabupaten/kota wilayah 3T bisa terlaksana dengan baik.

"Proyek infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring merupakan "Jalan Tol Informasi" yang menggunakan jaringan serta optik di 57 kabupaten/kota dan wilayah 3T untuk mendukung penetrasi internet cepat (broadband) yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Rudiantara di Pontianak, Senin.

Dia menjelaskan, proyek Palapa Ring dibagi menjadi 3 tiga wilayah pembangunan, yaitu barat, tengah dan timur.

Di bagian Indonesia Barat, Palapa Ring akan dibangun sepanjang 2.275 km menjangkau wilayah Provinsi Riau dan Kepulauan Riau dengan dukungan jaringan kabel serat optik sepanjang 1980 km untuk 5 (lima) kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Natuna, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Palapa Ring Barat akan menghubungkan kabupaten/kota di Sumatera dan Kalimantan yaitu Dumai, Bengkalis, Siak, Tebing Tinggi, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Bembam, Tarempa, Ranai, Singkawang, Kuala Tungkal dan Daik Lingga," tuturnya.

Selain lima kabupaten tersebut, Palapa Ring Barat juga menjangkau 6 (enam) kabupaten/kota yang merupakan titik interkoneksi dengan jaringan tulang punggung serat optik yang telah dibangun oleh operator telekomunikasi.

"Salah satunya adalah kota Singkawang yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat," katanya.

Dia menjelaskan, pada bulan Maret 2018, dirinya telah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Natuna untuk meninjau langsung kesiapan operasional Palapa Ring Barat dengan melakukan uji coba internet cepat bersama dengan bupati dan masyarakat sekitar.

Dalam kunjungannya kali ini ke Singkawang, Menkominfo hadir bersama dengan Johan Budi (StafSus Presiden) dan memberikan penjelasan tentang progres pembangunan serta prinsip pengoperasionalan dan bisnis proses dari Palapa Ring.

Rudiantara juga melakukan pengecekan atas NOC dan memastikan bahwa kesiapan operasional jaringan Palapa Ring Barat di Singkawang dalam melayani kebutuhan masyarakat akan internet cepat.

Baca juga: Menkominfo pastikan Palapa Ring Barat siap beroperasi