Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengajak masyarakat menjaga kondusifitas menjelang pelaksanaan dua even besar di Indonesia yaitu Asian Games 2018 pada Agustus dan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia pada Oktober, salah satunya menjaga keamanan dan ketertiban umum.

"DPR mengajak masyarakat menjaga suasana kondusif agar Indonesia sukses menggelar kedua acara tersebut sehingga agar berjalan lancar maka suasana dalam negeri harus kondusif," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu.

Dia mengatakan dua even besar tersebut membutuhkan dukungan penuh masyarakat dan Indonesia harus bisa menjadi tuan rumah yang baik sehingga diperlukan partisipasi semua elemen masyarakat khususnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban umum.

Bambang menjelaskan, dua even itu akan menghadirkan puluhan ribu tamu atau delegasi dari ratusan negara, misalnya Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, akan ada 40 cabang olahraga yang melibatkan lebih dari 15.000 atlet.

"Pertemuan tahunan Bank Dunia-IMF di Bali akan dihadiri delegasi dari 189 negara. Forum internasional itu memang dikhususkan bagi para petinggi IMF, Bank Dunia, para menteri keuangan dan para gubernur bank sentral namun total pesertanya diperkirakan lebih dari 15.000 orang karena para menteri keuangan dan gubernur bank sentral akan didampingi para staf," ujarnya.

Pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia itu menurut Bambang sangat strategis karena akan dihadiri para pemimpin lembaga keuangan, para bankir dan pimpinan perusahaan-perusahaan besar lainnya, termasuk para peninjau.

Dia meyakini kedua even itu menjadi momentum bagi semua elemen masyarakat untuk menunjukkan citra Indonesia yang bersahabat dan humanis sehingga semua elemen masyarakat di berbagai daerah hendaknya terdorong menciptakan suasana kondusif di dalam negeri.

"Ragam kegiatan atau aksi komunitas yang berpotensi menimbulkan gesekan atau bentrokan hendaknya dihindari. Terutama adalah aksi-aksi bernuansa politik yang dikaitkan dengan Pilpres 2019," katanya.

Bambang mendorong Polri dan TNI agar sejak dini mengantisipasi dan mewaspadai berbagai potensi yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban umum.

Dia menilai Indonesia harus kondusif sepanjang periode waktu menuju bulan suci Ramadan hingga Idul Fitri 2018, Pilkada serentak 2018, Asian Games 2018 hingga even pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia di Bali pada Oktober 2018.