Yogyakarta (ANTARA News) - Perseroan Terbatas Kereta Api Daerah Operasi 6 Yogyakarta menyiapkan tiga rangkaian kereta baru untuk mendukung angkutan penumpang selama masa angkutan Lebaran 2018.

"Tiga rangkaian kereta api baru tersebut terdiri atas dua rangkaian kereta eksekutif dan satu rangkaian kereta ekonomi plus," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Kamis.

Dua rangkaian kereta eksekutif baru tersebut akan digunakan untuk operasional kereta Taksaka Malam dan Taksaka Pagi. Kedua rangkaian kereta baru relasi Tugu Yogyakarta-Jakarta Gambir tersebut bahkan sudah dioperasionalkan mulai 3 April. "Kereta yang lama diperbaiki," katanya.

Sedangkan rangkaian kereta ekonomi plus akan digunakan untuk operasional kereta Mataram Premium yang akan melayani penumpang dari Stasiun Lempuyangan Yogyakarta menuju Stasiun Jakarta Pasar Senen.

Kapasitas kereta eksekutif Taksaka Pagi dan Taksaka Malam masing-masing 400 tempat duduk, sedangkan untuk Mataram Premium memiliki kapasitas lebih banyak sekitar 800 tempat duduk.

"Kondisi interior dan fasilitas di kereta baru tersebut cukup bagus, khususnya di kereta eksekutif yang sudah dilengkapi dengan kursi yang lebih nyaman dan bisa diatur sesuai keinginan penumpang, serta dilengkapi televisi yang menggantung di langit-langit. Suasana di dalam gerbong pun lebih senyap," kata Eko.

Sedangkan untuk masa Angkutan Lebaran 2018, PT KAI Daop 6 Yogyakarta akan menjalankan lima kereta tambahan yaitu Argo Lawu, Argo Dwipangga, Taksaka, Sancaka, dan Lodaya.

Operasional kereta tambahan tersebut akan meningkatkan kapasitas penumpang sekitar 9.400 orang per hari sehingga total kapasitas tempat duduk yang disediakan Daop 6 Yogyakarta tiap hari mencapai 20.000 jika ditambah kereta reguler.

Tiket kereta tambahan untuk masa Angkutan Lebaran 2018 akan dijual pada 16 April mulai pukul 00.00 WIB. "Diperkirakan, akan ada kenaikan jumlah penumpang sekitar empat persen dibanding tahun lalu," katanya.