Oleh Dyah Dwi A



Jakarta, 7/3 (ANTARA News) - Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Prof Jimly Asshiddiqie mengajak masyarakat Indonesia untuk mendoakan Presiden ketiga RI BJ Habibie segera diberikan kesehatan dan panjang umur.

"Kita doakan sebagai warga bangsa, tokoh nasional kita Bapak Habibie terus sehat karena usianya sekarang sudah 82 tahun, sudah masuk sweet eighties itu sudah sangat tua," kata dia, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, pikiran Bapak Teknologi itu masih jernih, dan pengalaman, pemikiran, wawasan serta kearifannya masih diperlukan oleh bangsa Indonesia.

Jimly menuturkan telah mendapatkan informasi terakhir BJ Habibie sudah lebih baik setelah mengalami penurunan kondisi kesehatan.

"Ada naik turun penyakitnya itu. Maka kemarin memang mengalami penurunan kesehatan, tetapi sekarang alhamdulillah sudah terkontrol," ujar dia lagi.

Ia mengatakan Pemerintah Jerman turut turun tangan, bahkan Presiden Joko Widodo telah mengirim utusan dokter kepresidenan agar kondisinya membaik.

BJ Habibie yang pernah menjadi Ketua Umum ICMI saat ini sedang dirawat di sebuah rumah sakit di Kota Munchen, Jerman.

BJ Habibie terdiagnosis mengalami kebocoran pada klep jantung. Sakit kebocoran jantung yang dialami Habibie mirip dengan sakit yang dialami sang istri, almarhumah Ainun Habibie.

Sakit itu membuat air menumpuk dalam paru-paru Habibie hingga 1,5 liter, sehingga ia merasa sulit bernapas, selain tekanan darah meningkat hingga 180 mmHg.



Budisantoso Budiman

(T.D020/B/B014/B014) 07-03-2018 15:36:07