Makassar (ANTARA News) - Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Arifin Nu`mang mengatakan Sulsel maju karena masyarakatnya hidup dengan rukun.

"Sulsel ini sudah terbiasa hidup rukun, dari berbagai suku dan agama, kami selalu menjaga kerukunan, itulah kenapa Sulsel maju," kata Wagub Agus saat menghadiri acara Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), di Kota Palopo, Sulsel, Jumat.

Di Sulsel ini, kata dia, kerukunan antarumat beragama sangat harmonis dan tingkat toleransi sangat tinggi. Setiap penganut agama lain, saling menghargai dan menghormati.

"Karenanya, di Sulsel selalu damai, tanpa ada konflik," imbuhnya.

Wagub menghadiri sidang ini bersama Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin. Menteri dan Wagub Agus AN dijemput oleh Walikota Palopo Judas Amir bersama rombongan, di Bandara Bua, Kabupaten Luwu. Lalu, menempuh perjalanan darat ke lokasi acara.

Setiba di lokasi, Menag Lukman Hakim dan Wagub Agus AN dikalungi kain saring sutera. Dilanjutkan dengan upacara penyambutan berupa tari Rongkong Pangngaru, dan tari Paduppa.

Langkah Menag Lukman dan Wagub Agus AN saat memasuki acara diiringi oleh tabuhan rebana dan nyanyian lagu kerukunan agama, salawat, dan ucapan hikmah.

Penyambutan Menag Lukman dan Wagub Agus AN ini, merupakan prolog jelang acara Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia, sebagai lambang harmonisasi kerukunan agama.