Jakarta (ANTARA News) - Facebook akan melatih 65.000 orang Prancis dalam keterampilan digital secara gratis untuk membantu para perempuan membangun bisnis dan pengangguran bisa kembali bekerja.



Perusahaan internet raksasa ini juga akan menggelontorkan tambahan dana 10 juta euro untuk menciptakan kecerdasan buatan di Prancis hingga 2022, tanpa merinci berapa banyak yang akan diinvestasikan dalam skema pelatihan itu.




Jejaring sosial asal Amerika Serikat ini akan bekerja dengan 50.000 pencari kerja dalam kemitraan dengan badan pengangguran nasional, membantu mereka menguasai keterampilan komputer, sampai akhir 2019.




Pada saat yang sama, Facebook akan bekerja dengan 15.000 perempuan Prancis yang berharap bisa memulai usaha mereka sendiri, dalam memperluas kampanye sarana usaha yang telah ada di beberapa negara.




Skema itu akan memberi 3.500 pelatihan komputer insentif gratis bagi perempuan di berbagai kota di Prancis, dengan 11.500 wanita lainnya diberi akses kursus secara online.




“Inisiatif ini adalah bagian dari program pan-Eropa di mana Facebook berharap bisa melatih satu juta orang dan pendiri bisnis hingga 2020,” kata raksasa internet tersebut seperti diberitakan AFP.