Karawang (ANTARA News) - Puluhan ribu anak ayam hangus terbakar dalam peristiwa kebakaran kandang ayam di wilayah Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa.

"Kandang ayam yang kebakaran itu merupakan milik Yunus, seorang peternak ayam di Jatisari," kata Kapolsek Jatisari Kompol Bambang Iswanto, di Karawang.

Peristiwa kebakaran yang menghanguskan puluhan ribu anak ayam itu diduga terjadi akibat kerusakan panel kipas blower yang berada di dalam kandang ayam.

Sebelum api membakar kandang ayam itu, terdengar suara letusan yang suaranya bersumber dari panel kipas blower.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi, peristiwa kebakaran itu begitu cepat. Setelah terdengar suara letusan, muncul api yang menjalar ke seluruh bagian kandang ayam.

Saat kejadian, salah seorang petugas peternakan ayam sempat berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Tapi upaya itu gagal, karena api langsung menyambar dan cepat besar.

Api baru padam setelah tiga unit kendaraan pemadam kebakaran datang ke lokasi kejadian.

Menurut keterangan Yunus, pemilik peternakan ayam yang kebakaran itu, kerugian akibat peristiwa kebakaran itu mencapai sekitar Rp1 miliar.

Peristiwa kebakaran itu telah menghanguskan sekitar 20.000 ekor anak ayam, dua buah genset, dan pakan ayam sebanyak 9 ton.

(KR-MAK/B014)